Webmin adalah kontrol panel hosting web seperti CPanel yang menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk mengelola sistem Unix-like.

Webmin sangat mudah digunakan dan aplikasi yang ringan dapat dengan mudah diinstal pada sistem dalam satu menit. Webmin membantu sistem admin untuk melakukan semua tugas yang seharusnya dilakukan melalui command lines.

Artikel ini akan membantu Anda menginstal Webmin terbaru pada sistem Ubuntu 19.04, 18.04 & 16.04 LTS. Artikel ini menggunakan APT untuk menginstal Webmin, Anda juga dapat mengunduh paket Webmin secara langsung dan menginstalnya dalam sistem.

Langkah 1 – Konfigurasi APT Repository

Untuk menginstal atau memperbarui Webmin di sistem Ubuntu menggunakan APT, Edit file /etc/apt/sources.list.d/webmin.list di sistem Anda dan tambahkan baris berikut di akhir file. Repositori ini berisi semua paket yang diperlukan untuk instalasi Webmin.

sudo nano /etc/apt/sources.list.d/webmin.list

Tambahkan value di bawah ini ke file webmin.list :

deb http://download.webmin.com/download/repository sarge contrib
deb http://webmin.mirror.somersettechsolutions.co.uk/repository sarge contrib

Setelah itu, impor kunci GPG dimana repositori yang ditambahkan di atas ditandatangani menggunakan perintah berikut.

wget http://www.webmin.com/jcameron-key.asc
sudo apt-key add jcameron-key.asc

Langkah 2 – Install Webmin di Ubuntu

Untuk memasang Webmin, gunakan perintah berikut untuk menginstal webmin di sistem Ubuntu Anda. Webmin secara default dipasang di /usr/share/webmin.

sudo apt-get update
sudo apt-get install webmin

Langkah 3 – Akses Webmin

Webmin secara default dijalankan pada port 10000, kita cukup mengakses Webmin dengan mengakses server kita pada port 10000 di browser web. Itu akan meminta kredensial pengguna. Gunakan pengguna sistem Anda atau login root dengan kata sandi untuk mengakses Webmin. Untuk mengakses Webmin dari jarak jauh, ganti localhost dengan alamat IP atau nama host sistem Anda.

https://localhost:10000/


Install Latest Webmin 1

Selamat, Anda telah berhasil menginstal webmin di sistem berbasis Debian Anda. Untuk menginstal webmin di sistem CentOS / RHEL gunakan artikel berikutnya Instal Webmin di CentOS & RedHat.