exFAT (Extended File Allocation Table) adalah file sistem Microsoft berpemilik yang dioptimalkan untuk perangkat memori flash seperti SD cards dan USB flash drive. exFAT dirancang untuk menggantikan file sistem FAT32 32bit lama yang memiliki kekurangan tidak dapat menyimpan file yang lebih besar dari 4 GB.

File sistem exFAT didukung oleh semua versi terbaru Windows dan sistem operasi macOS. Ubuntu, seperti kebanyakan distribusi Linux utama lainnya, secara default tidak memberikan dukungan untuk sistem file exFAT.

Jika Anda menggunakan Ubuntu sebagai sistem operasi Anda, kemungkinan bahwa pada titik tertentu Anda akan menghadapi masalah ketika mencoba memasang drive USB yang diformat exFAT.

Ketika Anda mencolokkan drive USB sistem Anda akan menampilkan pesan seperti ini:

Error mounting /dev/sdb1 at /media/linux/USB: unknown file system ‘exfat’

ubuntu unknown filesystem type exfat

Dalam tutorial ini, kami akan menjelaskan cara mengaktifkan dukungan exFAT di Desktop Ubuntu 18.04. Instruksi yang sama juga berlaku untuk Ubuntu 16.04 dan distribusi berbasis Ubuntu lainnya, termasuk Kubuntu, Linux Mint dan Elementary OS.

Cara Mount exFAT Drive di Ubuntu Linux

Untuk dapat memasang sistem file exFAT di Ubuntu Anda harus menginstal modul FUSE exFAT gratis dan alat-alat yang menyediakan implementasi sistem file exFAT berfitur lengkap untuk sistem Unix-like.

Sebelum menginstal paket, pastikan repositori Universe diaktifkan di sistem Anda. Buka terminal Anda baik dengan menggunakan Ctrl+Alt+T keyboard pintas atau dengan mengklik ikon terminal dan ketik:

sudo add-apt-repository universe

Setelah repositori diaktifkan perbarui indeks paket dan instal paket exfat-fuse dan exfat-utils menggunakan perintah berikut:

sudo apt update
sudo apt install exfat-fuse exfat-utils

Itu dia! Anda sekarang dapat membuka file manager dan klik pada disk USB untuk memasangnya.

Kesimpulan

Anda telah belajar cara mengaktifkan dukungan untuk sistem file exFAT pada mesin Ubuntu 18.04 Anda. Beberapa orang menyebut exFAT sebagai FAT64. Alasan utama Linux tidak mendukung secara default adalah masalah lisensi dan perangkat lunak berpemilik (milik Microsoft).

Drive USB akan dipasang secara otomatis saat Anda memasukkannya, tetapi jika pemasangan otomatis gagal, Anda harus memasang drive secara manual menggunakan Terminal dengan perintah mount dan unmount.