Wine adalah aplikasi kompatibilitas open-source yang memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi Windows pada sistem operasi Unix-like seperti Linux, FreeBSD, dan macOS. Wine adalah singkatan dari Wine Is Not an Emulator.

Wine adalah antarmuka yang menerjemahkan panggilan sistem Windows menjadi panggilan POSIX setara yang digunakan oleh Linux dan sistem operasi berbasis Unix lainnya. Singkatnya Anda tidak perlu install seluruh sistem operasi Windows untuk menjalankan aplikasi Windows.

Memang, Wine tidak selalu merupakan opsi terbaik untuk menjalankan program Windows di Linux. Tidak semua aplikasi Windows akan berjalan di Wine, bahkan jika bisa berjalan, aplikasi tersebut mungkin tidak berfungsi seperti biasanya. Basis data Wine AppDB berisi daftar aplikasi yang telah diuji dan dikonfirmasi berfungsi sebagai mestinya di Wine.

Anda juga dapat menggunakan alat virtualisasi seperti VirtualBox atau VMware, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya sistem dan instalasi Windows.

Tutorial ini, menjelaskan cara menginstal Wine di Ubuntu 18.04. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara menginstal distro stable versi 3.0 dan versi terbaru Wine 4.0. Instruksi yang sama berlaku untuk Ubuntu 16.04 dan distribusi berbasis Ubuntu, termasuk Linux Mint dan Elementary OS.

Persiapan

Untuk melanjutkan Tutorial Cara Install dan Setup Wine di sistem Ubuntu, Anda harus log in sebagai pengguna dengan hak akses sudo.

Install Wine 3.0 di Ubuntu

Paket Wine termasuk dalam repositori default Ubuntu dan dapat dengan mudah diinstal dengan apt package manager. Cara berikut adalah cara termudah untuk menginstal Wine di Ubuntu, namun versi yang termasuk dalam repositori mungkin sedikit tertinggal dari versi terbaru Wine.

Mulai dengan memperbarui package list di sistem Ubuntu Anda dengan mengetik :

sudo apt update

Selanjutnya Install Wine dengan mengetik perintah

sudo apt install wine64

Setelah proses instalasi Wine selesai, gunakan perintah wine --version untuk melihat versi Wine :

wine --version

Pada saat penulisan artikel ini, versi terbaru dari Wine yang tersedia untuk Ubuntu 18.04 di Ubuntu repositories adalah versi 3.0.

wine-3.0 (Ubuntu 3.0-1ubuntu1)

Install Wine 4.0 di Ubuntu

Di bagian ini, kami akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara memasang Wine versi 4.0 di Ubuntu 18.04.

Pertama, impor kunci GPG dari repositori WineHQ ke sistem Anda menggunakan perintah wget :

wget -qO- https://dl.winehq.org/wine-builds/winehq.key | sudo apt-key add -

Tambahkan repositori WineHQ dengan menjalankan perintah berikut:

sudo apt-add-repository 'deb http://dl.winehq.org/wine-builds/ubuntu/ bionic main'

sudo apt-get update && sudo apt install software-properties-common

Instal paket Wine 4.0 dengan mengetik:

sudo apt-get install --install-recommends winehq-stable

Verifikasi instalasi Wine dengan mengetik:

wine --version

Outputnya akan terlihat seperti ini:

wine-4.0

Konfigurasi Wine

Untuk mengkonfigurasi Wine, jalankan perintah winecfg di terminal Anda, perintah ini akan menginstal Mono dan Gecko dan mengatur Wine environment:

winecfg

Dialog akan muncul menanyakan apakah Anda ingin menginstal mono.

Setup Wine mono di Ubuntu 18.04

Install Notepad++

Sekarang Wine sudah diinstal dan dikonfigurasi, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menginstal aplikasi Windows di Ubuntu Anda.

Dalam tutorial ini, kita akan menginstal Notepad++, yang merupakan salah satu editor teks paling populer di kalangan pengguna Windows. Buka browser dan download file instalasi Notepad++ dari Notepad++ download page.

Setelah download selesai, mulailah instalasi dengan mengklik kanan pada file .exe dan memilih “Open With Wine Windows Program Loader”.

Wizard instalasi akan mulai, pilih bahasa dan instal Notepad++ dengan cara yang sama seperti Anda menginstal aplikasi apa pun di komputer Windows Anda.

Aplikasi Windows diinstal di direktori ~/.wine/drive_c/.

Untuk memulai editor Notepad ++ navigasikan ke menu direktori ~/.wine/drive_c/Program Files (x86)/Notepad++.

ubuntu notepadpp start

Kemudian klik dua kali di file notepad++.exe.

ubuntu notepadpp download

Kesimpulan

Anda telah berhasil menginstal dan mengonfigurasi Wine di desktop Ubuntu 18.04 Anda. Kami juga telah menunjukkan kepada Anda cara menginstal dan memulai aplikasi Windows di Wine. Untuk melihat daftar aplikasi yang dapat berjalan dengan baik di Wine silahkan kunjungi Wine AppDB.