VMware adalah solusi virtualisasi yang matang dan stabil yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa sistem operasi yang terisolasi pada satu mesin.

Dengan VMware Workstation Player Anda dapat membuat dan menjalankan mesin virtual Anda sendiri dan mengevaluasi perangkat lunak yang didistribusikan sebagai alat virtual dari banyak vendor perangkat lunak yang tersedia dari VMware Solution Exchange.

VMware Workstation Player bukan open source dan gratis hanya untuk penggunaan pribadi non-komersial. Jika Anda mencari platform virtualisasi open source, Anda dapat mencoba Oracle VirtualBox.

Tutorial ini menjelaskan cara menginstal VMware Workstation Player di Ubuntu 18.04. Instruksi yang sama berlaku untuk varian Ubuntu 16.04 dan distribusi berbasis Debian lainnya, termasuk Debian, Linux Mint, dan Elementary OS.

Sebelum melanjutkan dengan tutorial ini, pastikan Anda masuk sebagai pengguna dengan hak istimewa sudo.

Untuk pemasangan dan pengoperasian VMware Workstation Player yang tepat, sistem Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  • 1.3GHz atau prosesor 64-bit yang lebih cepat
  • 2 GB RAM minimum / 4GB RAM atau lebih direkomendasikan

Install VMware Workstation Player di Ubuntu

Lakukan langkah-langkah berikut untuk menginstal VMware Workstation Player di Ubuntu 18.04:

1. Install Paket yang Diperlukan

Buka terminal dengan menggunakan keyboard shortcut Ctrl+Alt+T atau dengan mengklik ikon terminal dan instal dependensi build dengan mengetik:

sudo apt update

sudo apt install build-essential

sudo apt install linux-headers-$(uname -r)

2. Download VMware Workstation Player

Untuk mengunduh versi terbaru dari VMware Workstation Player Anda dapat mengunjungi halaman download VMware dan mengunduh bundel instalasi dengan web browser Anda atau menggunakan perintah wget berikut:

wget https://www.vmware.com/go/getplayer-linux

Setelah pengunduhan selesai, buat file instalasi dapat dieksekusi menggunakan perintah berikut:

chmod +x getplayer-linux

Pada saat menulis artikel ini, versi terbaru dari VMware Workstation Player adalah versi 15.0.0.

3. Install VMware Workstation Player

Instalasi cukup mudah, cukup ikuti petunjuk di layar.

Mulai panduan Instalasi dengan mengetik:

sudo ./getplayer-linux

Layar yang mirip dengan yang berikut ini akan ditampilkan. Terima persyaratan dalam perjanjian lisensi dan klik tombol Next .

Install VMware Workstation Player di Ubuntu 1

Selanjutnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin memeriksa pembaruan produk pada saat startup. Tentukan pilihan Anda dan klik tombol Next .

Install VMware Workstation Player di Ubuntu 2

VMware’s Customer Experience Improvement Program (“CEIP”) atau Program Peningkatan Pengalaman Pelanggan VMware akan membantu VMware untuk meningkatkan produk dan layanan mereka dengan mengirimkan data sistem anonim dan informasi penggunaan ke VMware. Jika Anda memilih untuk tidak berpartisipasi dalam program, pilih Nodan klik tombol Next.

Install VMware Workstation Player di Ubuntu 3

Pada langkah berikutnya, Anda akan diminta memasukkan kunci lisensi. VMware Workstation Player gratis untuk penggunaan pribadi non-komersial. Membeli kunci lisensi akan memungkinkan fitur Pro dan dapat digunakan secara komersial.

Jika Anda tidak memiliki license key, biarkan field itu kosong dan klik tombol Next.

Install VMware Workstation Player di Ubuntu 4

Selanjutnya, Anda akan melihat halaman berikut yang memberi tahu Anda bahwa VMware Workstation Player siap diinstal. Klik pada tombol Install.

Install VMware Workstation Player di Ubuntu 5

Instalasi mungkin memakan waktu beberapa menit. Selama instalasi, Anda akan melihat informasi tentang progress instalasi yang berjalan. Setelah selesai, layar berikut akan muncul memberi tahu Anda bahwa VMware Workstation Player berhasil diinstal.

Install VMware Workstation Player di Ubuntu 6

4. Menjalankan VMware Workstation Player

Sekarang VMware Workstation Player telah berhasil diinstal pada sistem Ubuntu Anda, untuk menjalankan cukup dengan mengeklik ikon VMware Player (Activities -> VMware Workstation Player).

ubuntu vmware activities

Ketika Anda memulai VMware Player untuk pertama kalinya, sebuah jendela seperti berikut ini akan muncul menanyakan apakah Anda ingin menggunakan VMware Workstation Player secara gratis untuk penggunaan pribadi non-komersial atau memasukkan lisensi.

ubuntu vmware non commercial.jpg

Tentukan pilihan Anda, klik tombol OK dan aplikasi VMware Player akan segera berjalan.

ubuntu vmware workstation player

Kesimpulan

Pada poin ini, Anda telah berhasil menginstal VMware Workstation Player di sistem Ubuntu. Anda sekarang dapat menjelajahi opsi aplikasi dan membuat mesin virtual pertama.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang VMware Workstation Player, kunjungi halaman dokumentasi resmi Vmware.