Perintah cd adalah salah satu perintah yang paling dasar dan sering digunakan ketika bekerja pada baris perintah Linux. Perintah cd, yang merupakan singkatan dari “change directory” digunakan untuk mengubah direktori kerja saat ini di Linux dan sistem operasi mirip Unix lainnya.

Ketika berbicara mengenai command line atau baris perintah, pasti Anda tidak asing dengan istilah current working directory atau dalam bahasa Indonesia adalah Direktori kerja saat ini.

Current working directory adalah direktori di mana pengguna saat ini bekerja. Setiap kali Anda berinteraksi dengan command prompt, di situlah Anda bekerja di dalam direktori tersebut, itulah mengapa di sebut current working directory.

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan perintah cd untuk menavigasi ke setiap pohon direktori komputer Anda.

Diharapkan Anda membuka konsol terminal distribusi Linux untuk mengikuti panduan di halaman ini agar Anda lebih memahami cara kerja perintah cd di linux terminal.

Kami juga sarankan Anda untuk menguji setiap tutorial atau panduan apapun yang ada di Internet di virtual machine (vmware atau virtualbox) sebelum menerapkan ke server produksi, agar tidak mengacaukan sistem yang aktif berjalan ketika ada kesalahan.

Anda bisa melihat cara installasi VMware di Ubuntu dan CentOS, dan VirtualBox di UbuntuFedora, dan CentOS

Perintah cd

cd adalah shell built in dan perilakunya mungkin sedikit berbeda dari shell ke shell. Perintah cd menggunakan variabel shell environment untuk menentukan informasi yang diperlukan untuk pelaksanaannya. Kami akan membahas versi Bash builtin dari cd.

Sintaks untuk perintah cd adalah sebagai berikut:

cd [OPTIONS] direktori

Perintah di atas hanya menerima dua opsi berikut, meskipun jarang di gunakan.

  • −L, Ikuti symbolic links. Secara default, cd akan berperilaku seolah-olah opsi -L ditentukan.
  • −P, Jangan ikuti symbolic links. Dengan kata lain, ketika opsi ini ditentukan dan Anda mencoba menavigasi ke symlink yang menunjuk ke direktori, perintah cd akan memasuki direktori.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, ketika digunakan tanpa argumen, cd akan membawa Anda ke direktori home Anda..

Saat menavigasi melalui file system, Anda dapat menggunakan tombol Tab di keyboard untuk melengkapi nama direktori secara otomatis. Menambahkan garis miring (/) di akhir nama direktori adalah opsional. Untuk dapat berpindah antar direktori, pengguna harus memiliki izin yang dapat dieksekusi ke direktori yang di tuju.

Untuk mengetahui direktori Anda saat ini, gunakan perintah pwd.

Berpindah Jalur secara Absolut dan Relatif

Saat menentukan direktori, Anda dapat menggunakan nama jalur absolut atau relatif. Path absolut atau penuh dimulai dari system root / , dan path relatif dimulai dari direktori Anda saat ini.

Ketika masuk ke sistem Linux, Secara default direktori kerja saat ini diatur ke direktori home Anda. Dengan asumsi bahwa direktori Downloads ada di direktori home, Anda dapat menavigasi ke sana dengan menggunakan jalur relatif ke direktori:

cd Downloads

Anda juga dapat menavigasi ke direktori yang sama dengan menggunakan jalur absolutnya:

cd /home/username/Downloads

Singkatnya, jika path dimulai dengan garis miring (/) itu adalah path absolut ke direktori.

Parent Directory

Pada sistem operasi mirip Unix direktori kerja saat ini diwakili oleh satu titik (.). Dua titik (..), setiap titik mewakili direktori induk (parent) atau dengan kata lain direktori tersebut tepat di atas pohon direktori yang sekarang.

Jika Anda mengetikcd . (cd <spasi> .) Anda berada atau berpindah ke direktori saat ini, atau singkatnya perintah tidak akan melakukan apa-apa.

Misalkan Anda saat ini berada di direktori /usr/local/share, untuk beralih ke direktori /usr/local (naik satu tingkat dari direktori saat ini), Anda dapat mengetik:

cd ../

atau

cd ..

kedua perintah tersebut berdampak sama, yaitu naik satu tingkat ke direktori atasnya. Untuk memindahkan dua tingkat ke direktori /usr (induk dari direktori induk), Anda dapat menjalankan yang berikut:

cd ../../

Ini adalah contoh lain. Katakanlah Anda berada di direktori /usr/local/share dan ingin beralih menuju ke /usr/local/src. Anda dapat melakukannya dengan mengetik:

cd ../src

Navigasi ke Direktori Sebelumnya

Untuk mengubah kembali ke direktori kerja sebelumnya, lewati karakter tanda hubung (-) sebagai argumen ke perintah cd:

cd -

Navigasi ke Home Directory

Untuk menavigasi ke direktori home, cukup ketik cd. Cara lain untuk kembali langsung ke direktori home Anda adalah dengan menggunakan karakter tilde (~), seperti yang ditunjukkan dengan perintah berikut :

cd ~

Misalnya, jika Anda ingin menavigasi ke direktori Downloads, yang ada di dalam direktori home Anda, gunakan perintah berikut :

cd ~/Downloads

Anda juga dapat menavigasi ke direktori home pengguna lain menggunakan sintaks berikut:

cd ~username

Berganti Direktori dengan Spasi

Jika ingin berganti direktori yang memiliki spasi di dalam namanya, Anda harus menambahkan backslash atau garis miring terbalik (\) agar baris perintah mengerti bahwa ini adalah spasi:

cd 'Film Tahun 2019'
cd Film\ Tahun\ 2019

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah memiliki pemahaman yang baik tentang apa direktori kerja saat ini dan bagaimana menggunakan perintah cd untuk menavigasi ke direktori yang berbeda.