Symbolic link, juga disebut symlink atau soft link, adalah jenis file khusus yang mengarah ke file lain, seperti shortcut di Windows atau alias Macintosh.

Tidak seperti hard link, symlink tidak berisi data dalam file target. Symlink hanya menunjuk ke entri lain di suatu tempat di sistem file. Perbedaan ini memberikan symbolic link kualitas tertentu yang tidak dimiliki hard link, seperti kemampuan untuk menautkan ke direktori, atau ke file di komputer jarak jauh yang terhubung melalui NFS.

ketika Anda menghapus file target, tautan simbolis ke file tersebut menjadi tidak dapat digunakan, sedangkan hard link mempertahankan konten file.

Diharapkan Anda membuka konsol terminal distribusi Linux untuk mengikuti panduan di halaman ini agar Anda lebih memahami cara kerja perintah ln di Linux terminal.

Kami juga sarankan Anda untuk menguji setiap tutorial atau panduan apapun yang ada di Internet di virtual machine (vmware atau virtualbox) sebelum menerapkan ke server produksi, agar tidak mengacaukan sistem yang aktif berjalan ketika ada kesalahan.

Anda bisa melihat cara installasi VMware di Ubuntu dan CentOS, dan VirtualBox di UbuntuFedora, dan CentOS

Dalam panduan ini, kita akan membahas cara menggunakan perintah ln untuk membuat symbolic links.

Jenis Tautan

Ada dua jenis tautan di sistem Linux / UNIX:

  • Hard links. Anda dapat menganggap hard link sebagai nama tambahan untuk file yang ada. Hard links mengaitkan dua atau lebih nama file dengan inode yang sama. Anda dapat membuat satu atau lebih Hard links untuk satu file. Hard links tidak dapat dibuat untuk direktori dan untuk file di filesystem atau partisi yang berbeda.
  • Soft links. Soft link adalah sesuatu seperti shortcut atau pintasan di Windows. Soft link adalah penunjuk tidak langsung ke file atau direktori. Tidak seperti hard link, symbolic link dapat mengarah ke file atau direktori pada sistem file atau partisi yang berbeda.

Perintah ln

ln (L dengan huruf kecil) adalah utilitas untuk membuat tautan antar file. Secara default, perintah ln menciptakan hard links. Untuk membuat tautan simbolik gunakan opsi -s (--symbolic).

Sintaks perintah ln adalah sebagai berikut:

ln [OPTIONS] FILE LINK

Membuat Symlinks

Untuk membuat tautan simbolis di Linux, buka terminal Anda dan ketik:

ln -s source_file symbolic_link

Ganti source_file dengan nama file yang ada di mana Anda ingin membuat  symbolic link dan symbolic_link dengan namadari  symbolic link.

Parameter symbolic_link adalah opsional. Jika Anda tidak menentukan symbolic link, perintah ln akan membuat tautan baru di direktori Anda saat ini.

Membuat Symlinks ke Suatu Files

Dalam contoh berikut ini kami membuat symbolic link bernama link_saya.txt ke file bernama file_saya.txt:

ln -s link_saya.txt file_saya.txt

Untuk memverifikasi bahwa symlink telah dibuat, gunakan perintah ls:

ls -l link_saya.txt

Outputnya akan terlihat seperti ini:

lrwxrwxrwx 1 linux users  4 Nov  2 23:03 link_saya.txt ->file_saya.txt

Karakter l adalah flag tipe file yang mewakili symbolic link. Simbol -> menunjukkan file yang ditunjuk oleh symlink.

Membuat Symlinks ke Direktori

Perintah untuk membuat symbolic link ke direktori sama dengan ketika membuat symbolic link ke file. Tentukan nama direktori sebagai parameter pertama dan symlink sebagai parameter kedua.

Misalnya, jika Anda ingin membuat tautan simbolis dari direktori /mnt/drive/filemke direktori ~/movies Anda dapat menjalankan perintah:

ln -s /mnt/drive/filem ~/movies

Overwrite Symlinks

Jika Anda mencoba membuat atau menimpa symlink yang sudah ada, perintah ln akan mencetak pesan error.

ln -s file_saya.txt link_saya.txt
ln: failed to create symbolic link 'link_saya.txt': File exists

Untuk menimpa jalur tujuan symlink gunakan opsi -f (--force.

ln -sf file_saya.txt link_saya.txt

Menghapus Symlinks

Anda dapat menghapus / menghilangkan symbolic link yang ada menggunakan perintah unlink atau perintah rm .

Sintaks perintah unlink sangat sederhana:

unlink symlink_untuk_dihapus

Menghapus symbolic link menggunakan perintah rm sama seperti ketika menghapus file:

rm symlink_untuk_dihapus

Anda bisa menggunakan utilitas unlink untuk menghapus symbolic link.

Jika Anda menghapus atau memindahkan file sumber ke lokasi lain, file symbolic akan dibiarkan menggantung. Anda harus menghapusnya karena symbolic link tersebt tidak akan berfungsi lagi.

Kesimpulan

Sekarang Anda seharusnya sudah memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana menggunakan perintah Linux ln dan cara membuat symlink menggunakan Linux Terminal.