Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan perintah pwd untuk melihat “Current Working Directory“, atau direktori kerja Anda saat ini.

Untuk mengikuti panduan ini, diharapkan Anda membuka Console command line atau Linux terminal Agar dapat melihat dan memahami secara menyeluruh. Bisa jadi output dari baris perintah di halaman ini sedikit berbeda dengan output yang muncul di komputer Anda. Namun itu tidak menjadi masalah.

Apa itu Current Working Directory

Current Working Directory atau Direktori kerja saat ini adalah direktori di mana pengguna saat ini bekerja. Setiap kali Anda berinteraksi dengan command prompt (baik Linux, macOS atau Windows), Anda bekerja di dalam direktori.

Secara default, ketika Anda masuk ke sistem Linux, direktori kerja saat ini diatur ke direktori home Anda. Untuk mengubah direktori kerja gunakan perintah cd. Misalnya, untuk mengubah direktori kerja saat ini ke /tmp, Anda dapat mengetik:

cd /tmp

Pada beberapa distribusi Linux, atau jika Anda memiliki bash atau zsh prompt kustom, path ke direktori Anda saat ini dapat ditampilkan di prompt shell sebagai berikut.

user@host:/tmp#

Perintah pwd

Perintah pwd adalah singkatan dari print working directory. Perintah ini adalah salah satu perintah yang paling mendasar dan sering digunakan di Linux. Ketika dieksekusi, perintah akan mencetak path lengkap dari direktori kerja Anda saat ini.

pwd adalah shell bawaan pada sebagian besar shell modern seperti bash dan zsh. Perilakunya sedikit berbeda dari executable mandiri /bin/pwd. Anda dapat menggunakan perintah type untuk menampilkan semua lokasi yang terkait denganpwd.

type -a pwd

Seperti yang Anda lihat dari output di bawah, shell builtin memiliki prioritas di atas executable mandiri dan akan digunakan setiap kali Anda mengetik pwd. Jika Anda ingin menggunakan perintah pwd mandiri, Anda harus menggunakan path lengkap ke binary /bin/pwd

pwd is a shell builtin 

pwd is /bin/pwd

Cara Menemukan Direktori Kerja Saat Ini

Untuk mengetahui direktori Anda saat ini, ketik pwd di terminal Anda:

pwd

Perintah akan menampilkan output direktori kerja saat ini:

/home/linux

Apa yang dilakukan perintah adalah mencetak environment variable PWD . Anda akan mendapatkan hasil yang sama jika Anda mengetik:

echo $PWD
/home/linux

Perintah pwd hanya dapat menerima dua argumen:

  • -L (--logical) – Menampilkan nilai variabel $PWD. Secara default, pwd berperilaku seolah-olah opsi -L ditentukan.
  • -P (--physical)  – Menampilkan direktori fisik, tanpa symlink

Untuk mengilustrasikan cara kerja -P opsi yang lebih baik, kami akan membuat direktori dan symlink yang akan menunjuk ke direktori:

mkdir /tmp/directory

ln -s /tmp/directory /tmp/symlink

Sekarang jika Anda menavigasi ke direktori /tmp/symlink dan mengetik perintah pwd di terminal Anda:

/tmp/symlink
pwd

Output akan menunjukkan bahwa direktori kerja Anda saat ini adalah /tmp/symlink

/tmp/symlink

Jika Anda menjalankan perintah yang sama menggunakan opsi -P:

pwd -P

Direktori kerja Anda saat ini adalah /tmp/directory, direktori yang ditunjuk oleh symlink.

/tmp/directory

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah memiliki pemahaman yang baik tentang apa itu direktori kerja saat ini dan bagaimana menggunakan perintah pwd untuk menemukan direktori kerja Anda saat ini.