RPM adalah sistem pengemasan yang digunakan oleh Red Hat dan turunannya seperti CentOS dan Fedora.

Repositori resmi CentOS berisi ribuan paket RPM yang dapat diinstal menggunakan utilitas baris perintah yum. Paket yang tidak tersedia di repositori CentOS standar dapat dengan mudah diinstal dengan mengaktifkan repositori yang sesuai.

Tetapi tidak semua vendor perangkat lunak menyediakan repositori yum untuk aplikasi mereka. Paling sering dalam situasi tersebut, pihak penyedia software akan memiliki halaman pengunduhan di website mereka agar Anda dapat mengunduh dan menginstal paket RPM, atau mengunduh dan compile sendiri software dari sources.

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda dua metode cara menginstal paket RPM pada CentOS.

Sebelum memulai

Saat memasang paket RPM, pastikan paket itu dibuat untuk arsitektur sistem dan versi CentOS Anda.

Anda harus menghindari menggunakan metode ini untuk mengganti atau memperbarui paket sistem penting, seperti glibc, systemd, atau layanan dan libraries lain yang penting untuk berfungsinya sistem Anda. Melakukan hal ini dapat menyebabkan kesalahan dan ketidakstabilan sistem.

Untuk menginstal paket RPM, Anda harus masuk sebagai pengguna dengan hak istimewa sudo.

Biasanya, Anda akan menggunakan browser web untuk mencari dan mengunduh file RPM. Setelah Anda menemukan file, Anda dapat mengunduhnya menggunakan browser Anda atau menggunakan alat baris perintah seperti curl atau wget.

Menginstal paket RPM dengan YUM

Yum adalah alat manajer paket default di CentOS. Perintah yum digunakan untuk menginstal, menghapus, mengunduh, meminta dan memperbarui paket dari repositori resmi CentOS serta repositori pihak ketiga lainnya.

Langkah pertama adalah mengunduh file RPM yang ingin Anda instal:

wget https://example.com/file.rpm

Untuk menginstal paket, gunakan perintah yum localinstall yang diikuti oleh path ke nama paket:

sudo yum localinstall file.rpm

Yum akan meminta Anda untuk konfirmasi. Jawab y dan paket RPM akan diinstal, dengan asumsi file tersebut kompatibel dengan sistem Anda dan semua dependensi terpenuhi.

Jika paket memiliki ketergantungan pada paket lain yang belum Anda instal, yum akan menampilkan daftar semua dependensi yang belum terinstall. dan jika paket tersebut tersedia di repositori yang diaktifkan pada sistem Anda, yum akan menginstal semua dependensi bersamaan dengan paket. Jika dependensi tidak ada di repositori, Anda harus mengunduh dan menginstal semua dependensi secara manual.

Alih-alih mengunduh dan menginstal paket RPM, Anda cukup meneruskan URL ke paket RPM ke perintah yum localinstall:

sudo yum localinstall https://example.com/file.rpm

Untuk update paket RPM yang sudah diinstal dengan yum , gunakan prosedur yang sama seperti ketika menginstal paket.

Jika karena alasan tertentu Anda ingin menghapus paket yang diinstal, gunakan perintah standar yum remove diikuti dengan nama paket:

sudo yum remove file.rpm

Menginstal paket RPM dengan perintah RPM

RPM adalah low-level tool yang dapat digunakan untuk menginstal, uninstall, dan upgrade paket RPM.

Untuk menginstal paket RPM dengan alat rpm gunakan opsi -i yang merupakan singkatan dari “install” dan diikuti dengan nama paket RPM::

sudo rpm –ivh file.rpm

Jika paket memiliki ketergantungan pada paket lain yang belum Anda instal, rpm akan menampilkan daftar semua dependensi yang belum terinstall. Anda harus mengunduh dan menginstal semua dependensi secara manual.

Anda dapat melewati bagian pengunduhan dan memberikan URL paket RPM langsung agar segera di proses oleh perintah rpm:

sudo rpm –ivh https://example.com/file.rpm

Saat memperbarui paket dengan rpm, gunakan opsi -U yang berarti “update”:

sudo rpm –Uvh file.rpm

Untuk menghapus paket dengan perintah rpm gunakan opsi –e (erase) dan diikuti dengan nama paket:

sudo rpm –e file.rpm

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Anda belajar cara menginstal paket RPM di CentOS. Sebaiknya Anda tetap menggunakan perintah yum daripada menginstal dengan file rpm, karena perintah yum  secara otomatis menyelesaikan semua masalah dependensi untuk Anda.