Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara menambahkan user ke grup di sistem Linux. Kami juga akan menunjukkan kepada Anda cara menghapus user dari grup serta cara membuat, menghapus, dan membuat daftar grup.

Diharapkan Anda membuka konsol terminal distribusi Linux untuk mengikuti panduan di halaman ini agar Anda lebih memahami cara menambahkan User dan Group di Linux.

Kami juga sarankan Anda untuk menguji setiap tutorial atau panduan apapun yang ada di Internet di virtual machine (vmware atau virtualbox) sebelum menerapkan ke server produksi, agar tidak mengacaukan sistem yang aktif berjalan ketika ada kesalahan.

Anda bisa melihat cara installasi VMware di Ubuntu dan CentOS, dan VirtualBox di UbuntuFedora, dan CentOS

Untuk dapat menambahkan user ke grup, Anda harus masuk sebagai user dengan akses sudo atau root.

Group di Linux

Group adalah unit organisasi yang digunakan untuk mengatur dan mengelola akun user di Linux. Tujuan utama grup adalah untuk menetapkan serangkaian hak istimewa seperti izin read, write, atau mengeksekusi sumber daya yang diberikan yang dapat dibagikan di antara user dalam grup.

Ada dua jenis grup dalam sistem operasi Linux:

  • Grup Primer– Saat user membuat file, grup file diatur ke grup utama user. Biasanya, nama grup sama dengan nama user. Informasi tentang grup primer user disimpan di file /etc/passwd.
  • Grup sekunder atau grup tambahan – Berguna saat Anda ingin memberikan izin file tertentu kepada sekelompok user yang merupakan anggota grup. Misalnya, jika Anda menambahkan user tertentu ke grup docker, maka user tersebut secara otomatis akan mendapatkan hak akses yang sama dengan user lain di grup docker dan sanggup menjalankan berbagai perintah docker.

Setiap user dapat memiliki hanya satu grup primer, atau juga dapat berkaitan dengan satu atau lebih grup sekunder.

Cara Menambahkan User ke Grup

Untuk menambahkan user yang sudah ada ke grup sekunder, gunakan perintah usermod diikuti oleh opsi -G dan nama grup:

sudo usermod -a -G namagrup username

Misalnya, untuk menambahkan user adhit ke grup bernama sudo , Anda dapat menjalankan perintah berikut:

sudo usermod -a -G sudo adhit

Selalu gunakan switch -a (append) saat menambahkan user ke grup baru. Jika Anda menghilangkan -a, user akan dihapus dari grup mana pun yang tidak terdaftar setelah -G.

Jika berhasil, perintah usermod tidak akan menampilkan output apa pun. Perintah usermod hanya akan menampilkan peringatan jika user atau grup tidak ada, sehingga Anda harus membuat grup tersebut terlebih dahulu.

Cara Menambahkan User yang Ada ke Beberapa Grup

Jika Anda ingin menambahkan user yang sudah ada ke beberapa grup sekunder dalam satu perintah, gunakan perintah usermod diikuti dengan flag-G dan nama grup yang dipisahkan oleh , (koma):

sudo usermod -a -G group1,group2 username

Cara Menghapus user Dari Grup

Untuk menghapus user dari grup, gunakan perintah gpasswd, Pada contoh berikut ini kami menghapus user yang bernama nama rachma dari grup bernama webmaster:

sudo gpasswd -d rachma webmaster

Membuat Grup baru di Linux

Untuk membuat grup baru, Anda dapat menggunakan perintah groupadd diikuti dengan nama grup:

sudo groupadd groupname

Cara Menghapus Grup di Linux

Untuk menghapus grup yang ada, gunakan perintah groupdel diikuti dengan nama grup:

sudo groupdel groupname

Cara Mengubah Grup Utama user di Linux

Untuk mengubah grup utama user, gunakan perintah usermod diikuti oleh opsi -g:

sudo usermod -g namagrup username

Dalam contoh berikut ini, kami mengubah grup utama user linux menjadi developers:

sudo usermod -g developers linux

Cara Membuat user Baru dan Menetapkan Grup

Perintah useradd berikut akan membuat user baru bernama bagas dengan grup primer users dan grup sekunder berada di wheel dan developers.

sudo useradd -g users -G wheel,developers bagas

Tampilkan Grup user di Linux

Untuk menampilkan informasi user yang lengkap termasuk semua grup yang menjadi anggotanya, gunakan perintah id diikuti oleh nama user:

id username

Jika Anda menghilangkan nama user, perintah akan mencetak informasi tentang user yang saat ini masuk. Mari kita periksa user linux:

id linux
uid=1000(linux) gid=100(users) groups=100(users),10(wheel),95(storage),98(power),990(libvirt),993(docker),999(kvm)

Dari output di atas, kita melihat bahwa grup primer user linux adalah users dan berada di grup lain seperti wheelstoragelibvirtdocker dan kvm .

Gunakan perintah groups untuk menampilkan grup tambahan user:

groups linux
wheel storage power users libvirt docker kvm

Sama seperti dengan perintah id jika Anda menghilangkan nama pengguna, perintah groups akan mencetak grup pengguna yang saat ini masuk.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Anda belajar cara menambahkan user ke grup. Perintah yang sama berlaku untuk distribusi Linux apa pun, termasuk Ubuntu, CentOS, RHEL, Debian dan Linux Mint.