Repositori Ubuntu berisi ribuan paket deb yang dapat diinstal dari Ubuntu Software Center atau dengan menggunakan utilitas baris perintah apt. Deb adalah format paket instalasi yang digunakan oleh semua distribusi berbasis Debian termasuk Ubuntu. Beberapa paket tidak tersedia di repositori standar Ubuntu tetapi dapat dengan mudah diinstal dengan mengaktifkan sumber yang sesuai.

Dalam kebanyakan kasus, ketika vendor perangkat lunak tidak menyediakan repositori, mereka akan memiliki halaman download untuk mengunduh dan menginstal paket deb, atau mengunduh dan menyusun perangkat lunak dari source.

Meskipun tidak begitu sering, beberapa perangkat lunak mungkin didistribusikan hanya sebagai paket RPM. RPM adalah format paket yang digunakan oleh Red Hat dan turunannya seperti CentOS. Untungnya, ada alat yang disebut alien yang memungkinkan kita untuk menginstal file RPM di Ubuntu atau mengubah file paket RPM menjadi file paket Debian.

Sebelum Mulai

Ini bukan cara yang disarankan untuk menginstal paket perangkat lunak di Ubuntu. Bilamana memungkinkan, Anda sebaiknya memilih menginstal perangkat lunak dari repositori Ubuntu.

Tidak semua paket RPM dapat diinstal di Ubuntu. Menginstal RPM yang dikemas di Ubuntu dapat menyebabkan konflik ketergantungan paket.

Anda tidak boleh menggunakan metode ini untuk mengganti atau memperbarui paket sistem penting, seperti libc, systemd, atau layanan dan libraries lain yang penting untuk berfungsinya sistem Anda. Melakukan hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem.

Kami juga sarankan Anda untuk menguji setiap tutorial atau panduan yang ada di Internet di virtual machine (vmware atau virtualbox) sebelum menerapkan ke server produksi, agar tidak mengacaukan sistem yang berjalan ketika ada kesalahan.

Instal Alien

Alien adalah alat yang mendukung konversi antara Red Hat rpm, Debian deb, Stampede slp, Slackware tgz, dan format file pkg Solaris.

Sebelum menginstal paket alien, pastikan repositori Universe diaktifkan di sistem Anda:

sudo add-apt-repository universe

Setelah repositori diaktifkan perbarui indeks paket dan instal paket alien dengan:

sudo apt update
sudo apt install alien

Perintah di atas juga akan menginstal build tools yang diperlukan.

Mengonversi dan Memasang paket RPM

Untuk mengkonversi paket dari format RPM ke DEB gunakan perintah alien diikuti dengan nama paket RPM:

sudo alien package_name.rpm

Bergantung pada ukuran paket, konversi mungkin membutuhkan waktu. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan melihat pesan peringatan dicetak di layar Anda. Jika paket berhasil dikonversi, output akan menunjukkan bahwa paket DEB telah dihasilkan:

package_name.deb generated

Untuk instal paket deb, Anda dapat menggunakan utilitas dpkg atau apt:

sudo dpkg -i package_name.deb

Bisa juga dengan menggunakan perintah berikut (hasilnya sama saja)

sudo apt ./package_name.deb

Dengan asumsi paket tersebut kompatibel dengan sistem Anda dan semua dependensi terpenuhi, maka paket sudah berhasil diinstal pada sistem Ubuntu Anda.

Anda harus masuk sebagai user dengan hak akses sudo untuk dapat menginstal paket pada sistem Ubuntu Anda.

Install paket RPM secara langsung

Alih-alih mengubah format paket menjadi deb lalu menginstal paket, Anda dapat menggunakan opsi -i yang akan memberitahu alien untuk menginstal paket RPM secara langsung.

sudo alien -i package_name.rpm

Perintah di atas akan secara otomatis menghasilkan dan menginstal paket dan menghapus file paket setelah diinstal.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Anda telah belajar cara menginstal paket RPM di Ubuntu. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua paket RPM yang ada sesuai dengan sistem Ubuntu. Anda harus mempertimbangkan opsi alternatif untuk software yang berjalan di sistem produksi Anda jika memungkinkan.