Vim adalah text editor pilihan bagi banyak user yang menghabiskan banyak waktu di baris perintah. Tidak seperti editor lainnya, Vim memiliki beberapa mode operasi yang dapat sedikit mengintimidasi bagi pengguna baru.

Vim atau pendahulunya, Vi telah terinstal sebelumnya pada macOS dan hampir semua distribusi Linux. Mengetahui dasar-dasar Vim akan sangat membantu jika Anda menghadapi situasi di mana text editor favorit Anda tidak tersedia.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan cara menyimpan file di Vim / Vi dan keluar dari editor.

Mode Vim

Saat Anda meluncurkan editor Vim, Anda berada dalam mode perintah. Dalam mode ini, Anda dapat menggunakan perintah vim dan menavigasi file.

Untuk dapat mengetik teks, Anda harus masuk ke mode penyisipan dengan menekan tombol i. Mode ini memungkinkan Anda untuk menyisipkan dan menghapus karakter dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan pada editor teks biasa.

Untuk kembali ke mode perintah dari mode lain, cukup tekan tombol Esc.

Cara Membuka File di Vim / Vi

Untuk membuka file di text editor Vim ketik vim diikuti dengan nama file yang ingin Anda edit atau buat:

vim file.text

Cara lain untuk membuka file adalah memulai editor dan mengetik, :e buka_file, di mana buka_file adalah nama dari file yang ingin Anda buka.

Cara Simpan File di Vim / Vi

Perintah untuk menyimpan file di Vim adalah :w.

Untuk menyimpan file tanpa keluar dari editor, beralih kembali ke mode perintah dengan menekan Esc, ketik :w dan tekan Enter.

  1. Tekan Esc
  2. Ketik :w
  3. Tekan Enter

Ada juga perintah update dengan :up yang akan menulis buffer ke file hanya jika ada perubahan yang belum disimpan.

Untuk menyimpan file dengan nama yang berbeda, gunakan :w namabaru dan tekan Enter.

Cara Simpan File dan Keluar Vim / Vi

Perintah untuk menyimpan file di Vim dan keluar dari editor adalah :wq

Untuk menyimpan file dan keluar dari editor secara bersamaan, tekan Esc untuk beralih ke mode perintah, ketik :wq dan tekan Enter.

  1. Tekan Esc
  2. ketik :wq
  3. Tekan Enter

Perintah lain untuk menyimpan file dan keluar dari Vim adalah :x yang akan menulis buffer ke file hanya jika ada perubahan yang belum disimpan.

Cara Keluar dari Vim / Vi tanpa Menyimpan File

Untuk keluar dari editor, tanpa menyimpan perubahan, beralih ke mode perintah dengan menekan Esc, ketik :q! dan tekan Enter.

  1. Tekan Esc
  2. Ketik :q!
  3. Tekan Enter

Kesimpulan

Dalam panduan ini, kami telah menunjukkan kepada Anda cara menyimpan file di Vim dan keluar dari editor. Jika Anda baru mengenal Vim, kunjungi situs Open Vim, tempat Anda dapat berlatih Vim dengan tutorial interaktif.