Saat bekerja pada baris perintah, membuat atau mengedit file teks merupakan sesuatu yang akan sering Anda lakukan. Dua editor baris perintah yang paling kuat dan populer digunakan adalah Vim dan Emacs. Keduanya memiliki kurva belajar yang curam yang dapat mengintimidasi pengguna baru. Bagi mereka yang membutuhkan editor sederhana, nano adalah solusinya.

GNU nano adalah teks editor baris perintah yang mudah digunakan untuk sistem operasi Unix dan Linux. Nano mencakup semua fungsi dasar yang Anda harapkan dari teks editor biasa, seperti penyorotan sintaks, multiple buffer, cari dan ganti dengan dukungan ekspresi reguler, periksa ejaan, UTF-8 encoding, dan banyak lagi.

Dalam panduan ini, kita akan membahas dasar-dasar penggunaan editor nano, termasuk cara membuat dan membuka file, mengedit file, menyimpan file, mencari dan mengganti teks, cut dan paste teks, dan banyak lagi.

Instal Nano

Teks Editor nano sudah diinstal pada macOS dan sebagian besar distro Linux. Untuk memeriksa apakah nano diinstal pada sistem Anda gunakan perintah berikut:

nano --version

Outputnya akan terlihat seperti ini:

GNU nano, version 2.9.3
(C) 1999-2011, 2013-2018 Free Software Foundation, Inc.
(C) 2014-2018 the contributors to nano
Email: [email protected]	Web: https://nano-editor.org/

Jika belum menginstal nano di sistem, Anda dapat menginstalnya menggunakan package manager distribusi Anda.

Instal Nano di Ubuntu dan Debian

sudo apt install nano

Instal Nano di CentOS dan Fedora

sudo yum install nano

Membuka dan Membuat File dengan Nano

Untuk membuka file yang ada, atau membuat file baru, ketik nano di konsol Linux diikuti dengan nama file:

nano namafile

Perintah ini akan membuka jendela editor baru dan Anda dapat mulai mengedit file.

Cara Menggunakan text editor Nano

Di bagian bawah jendela, ada daftar cara pintas perintah paling dasar untuk digunakan dengan editor nano.

Semua perintah diawali dengan karakter ^ atau M. Simbol caret (^) mewakili tombol Ctrl. Misalnya, perintah ^J berarti menekan tombol Ctrl dan J secara bersamaan. Huruf M mewakili tombol Alt.

Anda bisa mendapatkan daftar semua perintah yang tersedia, Anda dapat menekan Ctrl+g pada keyboard.

Untuk dapat membuka file, Anda harus memiliki izin baca untuk file tersebut.

Jika ingin membuka file dengan kursor pada baris dan karakter tertentu, gunakan sintaks berikut:

nano +nomor_baris,jumlah_karakter namafile

contoh

nano +10,5 belajar_nano

Jika menghilangkan jumlah_karakter, kursor akan diposisikan pada karakter pertama.

Mengedit File

Tidak seperti vi, nano adalah editor modeless, yang berarti Anda dapat mulai mengetik dan mengedit teks segera setelah membuka file.

Untuk memindahkan kursor ke nomor baris dan karakter tertentu, gunakan perintah Ctrl+_ Menu di bagian bawah layar akan berubah. Masukkan nomor di bidang “Enter line number, column number:” dan tekan Enter.

Mencari Text dan Menggantinya

Untuk mencari teks tekan Ctrl+w, ketikkan istilah pencarian, dan tekan Enter. Kursor akan pindah ke hasil pencarian yang cocok, pencarian dimulai dari awal text. Untuk pindah ke hasil yang cocok berikutnya, tekan Alt+w.

Jika Anda ingin mencari dan mengganti (search and replace), tekan Ctrl+\. Masukkan istilah pencarian dan teks yang akan diganti. Editor akan mencari dan memulai pencocokan ke hasil yang cocok pertama dan bertanya apakah Anda akan menggantinya. Setelah menekan Y atau N , itu pencarian akan pindah ke hasil yang cocok berikutnya berikutnya. Menekan A akan menggantikan semua hasil yang memiliki kecocokan.

Copy, cut, dan paste

Untuk memilih teks, gerakkan kursor ke awal teks dan tekan Alt+a. Ini akan menetapkan tanda select. Pindahkan kursor ke akhir teks yang ingin Anda pilih menggunakan tombol panah. Teks yang dipilih akan disorot. Jika ingin membatalkan pilihan, tekan Ctrl+6

Untuk menyalin teks yang dipilih ke clipboard, gunakan tombol Alt+6. Sedangkan jika ingin meng-cut text, gunakan Ctrl+k.

Jika Anda ingin meng-cut seluruh baris, cukup gerakkan kursor ke awal baris dan tekan Ctrl+k. Anda dapat meng-cut beberapa baris dengan menekan Ctrl+k beberapa kali.

Untuk paste teks, pindahkan kursor ke tempat Anda ingin meletakkan teks dan tekan Ctrl +u.

Simpan dan Keluar

Untuk menyimpan perubahan yang Anda buat pada file, tekan Ctrl+o. Jika file belum ada, maka file akan dibuat setelah Anda menyimpannya.

Jika ingin keluar dari nano, tekan Ctrl+x. Jika ada perubahan yang belum disimpan, Anda akan ditanya apakah ingin menyimpan perubahan.

Untuk menyimpan file Anda harus memiliki izin menulis ke file. Jika membuat file baru, Anda harus memiliki izin menulis ke direktori tempat file tersebut akan dibuat.

Kustomisasi Nano (nanorc)

Ketika nano diluncurkan, ia membaca parameter konfigurasinya dari file konfigurasi sistem /etc/nanorc dan dari file khusus pengguna ~/.config/nano nanorc dan ~/.nanorc jika ada.

Opsi yang ditentukan dalam file pengguna diutamakan daripada opsi global.

Kunjungi halaman nanorc untuk daftar lengkap dari semua opsi yang tersedia.

Soroti Sintaks

Nano datang dengan aturan penyorotan sintaks untuk sebagian besar tipe file populer. Pada kebanyakan sistem Linux, file sintaks disimpan di direktori /usr/share/nano dan secara default disertakan dalam file konfigurasi /etc/nanorc.

include "/usr/share/nano/*.nanorc"

Opsi termudah untuk mengaktifkan highlighting untuk jenis file baru adalah dengan menambahkan file aturan untuk highlighting (penyorotan) sintaks ke direktori /usr/share/nano.

Tetapkan Nano sebagai Teks Editor Default

Secara default pada sebagian besar sistem Linux, teks editor default untuk perintah seperti visudo dan crontab diatur ke vi. Untuk menggunakan nano sebagai editor teks default, Anda perlu mengubah environment variables VISUAL dan EDITOR.

User Bash dapat mengekspor variabel dalam file ~/.bashrc:

sudo nano ~/.bashrc
export VISUAL=nano
export EDITOR="$VISUAL"

Penggunaan Nano Dasar

Berikut adalah langkah-langkah paling mendasar untuk memulai dengan nano:

  1. Pada baris perintah, ketik nano diikuti dengan nama file.
  2. Edit file sesuai kebutuhan.
  3. Gunakan perintah Ctrl-x untuk simpan dan keluar dari teks editor.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, kami telah menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan editor teks Gnu nano. Ini adalah editor teks yang populer di kalangan pengguna Linux dan memiliki kurva belajar yang kecil.