Sebagai pengguna baru di Ubuntu, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara masuk ke sistem Ubuntu Anda sebagai user root atau apa kata sandi default untuk root. Di Ubuntu Linux, akun root dinonaktifkan secara default untuk alasan keamanan.

Tutorial ini menjelaskan cara mengaktifkan dan menonaktifkan akun root di Ubuntu Linux.

User dengan Hak Sudo

Pengguna Ubuntu didorong untuk melakukan tugas administrasi sistem dengan memberikan hak administratif kepada user biasa menggunakan alat bernama sudo. Sudo memungkinkan user dengan hak akses tersebut untuk menjalankan program sebagai pengguna lain, biasanya sebagai user root.

Secara default pada sistem Ubuntu, anggota grup sudo diberikan hak akses sudo. User awal yang dibuat oleh Ubuntu saat instalasi, sudah menjadi anggota grup sudo sehingga kemungkinan besar pengguna yang Anda masuki sudah diberikan hak administratif.

Jika Anda ingin memberikan akses sudo ke pengguna lain cukup tambahkan user tersebut ke grup sudo:

usermod -aG sudo nama-user

Untuk meningkatkan hak istimewa user biasa sebagai root, jalankan perintah yang diawali dengan sudo:

sudo contoh-perintah

Pertama kali Anda menggunakan sudo dalam suatu sesi, Anda akan diminta memasukkan kata sandi.

Jika Anda ingin menjalankan perintah dengan hak sudo tanpa memasukkan kata sandi, Anda harus mengedit file sudoers. Untuk melakukannya ketik visudo:

sudo visudo

Alat ini akan membuka file /etc/sudoers dengan teks editor baris perintah favorit Anda. Semisal dalam contoh berikut, kami menambahkan user dengan nama toni ke dalam grup sudo. Maka tambahkan baris berikut ke file /etc/sudoers

toni ALL=(ALL) NOPASSWD:ALL

Aktifkan Akun user Root di Ubuntu

Jika karena alasan tertentu Anda perlu mengaktifkan akun root, Anda hanya perlu mengatur kata sandi untuk pengguna root. Di Ubuntu dan distribusi Linux lainnya, Anda dapat mengatur atau mengubah kata sandi akun pengguna dengan perintah passwd .

Sebagai user biasa di Ubuntu, Anda hanya dapat mengubah kata sandi Anda sendiri. Pengguna yang Anda masuki harus memiliki hak sudo untuk dapat mengatur kata sandi root.

Untuk mengaktifkan akun root di Ubuntu, jalankan perintah berikut:

sudo passwd root

Anda akan diminta untuk memasukkan dan mengonfirmasi kata sandi root yang baru:

Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully

Kata sandi tidak ditampilkan di layar saat Anda mengetiknya.

Setelah mengatur kata sandi, Anda telah berhasil mengaktifkan akun root. Sekarang Anda dapat masuk ke mesin Ubuntu Anda sebagai root dengan menggunakan kata sandi baru.

Cara Disable User Root di Ubuntu

Jika sebelumnya Anda mengaktifkan user root di Ubuntu dan sekarang Anda ingin menonaktifkannya, cukup set kata sandi root agar kedaluwarsa.

Untuk menonaktifkan kata sandi akun root, gunakan perintah berikut:

sudo passwd -l root

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Anda belajar cara mengaktifkan dan menonaktifkan akun pengguna root di Ubuntu.

Saat mengatur kata sandi, pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat dan unik. Memiliki kata sandi yang kuat adalah aspek terpenting dari keamanan akun Anda. Seringkali kata sandi yang kuat minimum 8 karakter, menggunakan setidaknya satu huruf besar, satu huruf kecil, satu angka, dan satu karakter khusus.