Tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengubah kata sandi user di Linux. Kami juga akan membahas cara memaksa user untuk mengubah password mereka saat mereka masuk berikutnya. Contoh-contoh yang diberikan dalam tutorial Insya Allah akan bekerja dengan distribusi Linux apa pun (selama menggunakan kernel Linux).

Pendahuluan

Untuk mengubah kata sandi akun pengguna di Linux, Anda dapat menggunakan perintah passwd. Kata sandi pengguna terenkripsi serta informasi terkait kata sandi lainnya disimpan dalam file /etc/shadow.

Sebagai user normal, Anda hanya dapat mengubah kata sandi Anda sendiri. User root dan user dengan hak sudo dapat mengubah kata sandi user lain dan menentukan bagaimana kata sandi itu dapat digunakan atau diubah.

Saat mengganti kata sandi, pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat dan unik. Memiliki kata sandi yang kuat adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan akun Anda. Seringkali kata sandi yang kuat memiliki minimal 8 karakter, menggunakan setidaknya satu huruf besar, satu huruf kecil, satu angka dan satu karakter khusus.

Ubah Kata Sandi Pengguna Anda

Untuk mengubah kata sandi akun pengguna Anda, jalankan perintah passwd tanpa opsi apa pun:

passwd

Anda akan diminta memasukkan kata sandi Anda saat ini. Jika kata sandi itu benar, maka Anda akan diminta untuk memasukkan dan mengonfirmasi kata sandi baru.

Kata sandi tidak ditampilkan di layar saat Anda memasukkannya.

Ubah Kata Sandi User Lain

Seperti yang kami sebutkan di pendahuluan, hanya root dan user dengan akses sudo yang dapat mengubah kata sandi akun user lain. Contoh berikut mengasumsikan bahwa Anda masuk sebagai user dengan hak istimewa sudo.

Untuk mengubah kata sandi user lain, jalankan perintah passwd diikuti oleh nama user. Misalnya, untuk mengubah kata sandi pengguna yang bernama linuxid, jalankan perintah berikut:

sudo passwd linuxid

Anda akan diminta untuk memasukkan dan mengonfirmasi kata sandi baru :

Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully

Cara Paksa User untuk Mengubah Password pada Login Selanjutnya

Secara default, kata sandi ditetapkan untuk tidak pernah kedaluwarsa. Jika Anda ingin memaksa pengguna untuk mengubah kata sandi mereka saat berikutnya mereka masuk, gunakan perintah passwd dengan opsi --expire diikuti dengan nama user :

sudo passwd --expire linuxid

Perintah di atas akan membuat kata sandi dari akun linuxid segera expired (tidak berlaku lagi).

Ketika user dengan nama linuxid tersebut mencoba masuk dengan kata sandi lama, maka akan ditampilkan pesan yang memaksa mereka untuk mengubah kata sandi:

ssh [email protected]
WARNING: Your password has expired.
You must change your password now and login again!
Changing password for linuxid.
(current) UNIX password:
Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully
Connection to 192.168.111.109 closed.

Setelah user menetapkan kata sandi baru koneksi akan ditutup. User linuxid dapat konek kembali dengan kata sandi yang baru.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Anda telah belajar cara mengubah kata sandi user dan cara memaksa user mengatur ulang kata sandi mereka. Untuk alasan keamanan, disarankan untuk memperbarui kata sandi Anda secara teratur dan menggunakan kata sandi unik untuk setiap akun.

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang perintah passwd, di halaman manual Linux passwd.