Android Studio adalah IDE lintas-platform berfitur lengkap yang membantu Anda membangun aplikasi pada setiap jenis perangkat Android. IDE ini didasarkan pada IntelliJ IDEA JetBrains dan mencakup semua yang Anda butuhkan untuk pengembangan Android.

Sistem pembuatan Android Studio didukung oleh Gradle memungkinkan Anda untuk membuat beberapa varian versi untuk perangkat yang berbeda dari satu proyek.

Tutorial ini menjelaskan cara menginstal Android Studio di Ubuntu 18.04. Instruksi yang sama berlaku untuk Ubuntu 16.04 dan distribusi berbasis Ubuntu apa pun, termasuk Kubuntu, Linux Mint, dan Elementary OS.

Prasyarat

Anda harus masuk sebagai user dengan akses sudo untuk dapat menginstal paket pada sistem Ubuntu.

Install Java OpenJDK

Android Studio membutuhkan OpenJDK versi 8 atau lebih tinggi untuk diinstal ke sistem.

Kami akan menginstal OpenJDK 8. Instalasi ini cukup sederhana, mulai dengan memperbarui indeks paket:

sudo apt update

Instal paket OpenJDK 8 dengan mengetik:

sudo apt install openjdk-8-jdk

Verifikasi instalasi dengan mengetik perintah berikut yang akan mencetak versi Java:

java -version

Outputnya akan terlihat seperti ini:

openjdk version "1.8.0_191"
OpenJDK Runtime Environment (build 1.8.0_191-8u191-b12-2ubuntu0.18.04.1-b12)
OpenJDK 64-Bit Server VM (build 25.191-b12, mixed mode)

Install Android Studio di Ubuntu 18.04

Pada saat penulisan artikel ini, versi stabil Android Studio terbaru adalah versi 3.3.1.0. Cara termudah adalah menginstal Android Studio di Ubuntu 18.04 adalah dengan menggunakan snappy.

Untuk mengunduh dan menginstal paket snap Android Studio, buka terminal menggunakan keyboard shortcut Ctrl+Alt+T dan ketik:

sudo snap install android-studio --classic

Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat output berikut:

android-studio 3.3.1.0 from Snapcrafters installed

Pada poin ini, Android Studio telah diinstal di desktop Ubuntu.

Mulai Android Studio

Anda dapat memulai Android Studio baik dengan mengetikkan android-studio di terminal atau dengan mengklik ikon Android Studio (Activities -> Android Studio).

Saat memulai Android Studio untuk pertama kalinya, sebuah jendela seperti berikut ini akan muncul meminta Anda untuk mengimpor pengaturan Android Studio dari instalasi sebelumnya:

Install Android Studio di Ubuntu 18.04

Setelah Anda mengklik tombol OK, jendela Setup Wizard akan muncul. Klik pada tombol Next untuk memulai konfigurasi awal dan langkah-langkah pasca pemasangan.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis pengaturan yang Anda inginkan untuk Android studio. Opsi “Standard” sudah cukup baik untuk memulai Android Studio.

ubuntu android studio setup type

Pada langkah berikutnya Anda dapat memilih tema UI dan Setup Wizard akan mengunduh dan menginstal komponen SDK yang diperlukan. Prosesnya mungkin memakan waktu, tergantung pada kecepatan koneksi Internet Anda.

Setelah Android Studio IDE dimuat, Anda akan disajikan halaman Selamat Datang:

ubuntu android studio welcome page

Kesimpulan

Anda telah belajar cara menginstal Android Studio di desktop Ubuntu 18.04. Anda sekarang dapat menjelajahi IDE baru dan mulai mengerjakan proyek Android.

Untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang cara mengembangkan aplikasi menggunakan Android Studio, kunjungi halaman dokumentasi Android Studio.