Netbeans adalah IDE lintas-platform berfitur lengkap yang membantu Anda membangun aplikasi dalam JavaPHP, dan banyak bahasa lainnya.

Ini memiliki dukungan debugging bawaan, kontrol Git tertanam, mengintegrasikan alat otomasi bangunan besar seperti Maven, Ant, dan Gradle, syntax highlighting, code generators, code templates, code refactoring, dan kemampuan navigasi yang kaya.

Netbeans dapat dikembangkan melalui plugin dan memiliki API yang terdokumentasi dengan baik. Netbeans juga dapat digunakan untuk pengembangan dalam bahasa pemrograman lain seperti C/C++, Groovy, Javadoc, JavaScript, dan banyak lagi.

Tutorial ini menjelaskan cara menginstal Netbeans IDE di Ubuntu 18.04. Instruksi yang sama berlaku untuk Ubuntu 16.04 dan distribusi berbasis Ubuntu apa pun, termasuk Kubuntu, Linux Mint, dan Elementary OS.

Prasyarat

Anda harus masuk sebagai user dengan akses sudo untuk dapat menginstal paket pada sistem Ubuntu Anda.

Menginstal Java OpenJDK

Netbeans membutuhkan Java versi 8 atau lebih tinggi untuk diinstal ke sistem Anda.

Kita akan menginstal OpenJDK 8. Instalasi ini cukup sederhana, mulai dengan memperbarui indeks paket:

sudo apt update

Instal paket OpenJDK 8 dengan mengetik:

sudo apt install openjdk-8-jdk

Verifikasi instalasi dengan mengetik perintah berikut yang akan mencetak versi Java:

java -version

Outputnya akan terlihat seperti ini:

openjdk version "1.8.0_191"
OpenJDK Runtime Environment (build 1.8.0_191-8u191-b12-2ubuntu0.18.04.1-b12)
OpenJDK 64-Bit Server VM (build 25.191-b12, mixed mode)

Menginstal Netbeans IDE

Pada saat penulisan artikel ini, versi stabil terbaru dari Netbeans adalah versi 10.0. Cara termudah adalah menginstal Netbeans di Ubuntu 18.04 adalah dengan menggunakan snappy packaging system.

Untuk mengunduh dan menginstal paket snap Netbeans, buka terminal Anda menggunakan keyboard shortcut Ctrl+Alt+T dan ketik:

sudo snap install netbeans --classic

Prosesnya mungkin memakan waktu, tergantung pada kecepatan koneksi Anda. Pada instalasi yang sukses, Anda akan melihat output berikut:

netbeans 10.0 from 'apache-netbeans' installed

Netbeans IDE telah diinstal di desktop Ubuntu Anda.

Mulai Netbeans IDE

Sekarang Netbeans terinstal di sistem Ubuntu Anda, Anda dapat memulainya dengan mengetik netbeans di terminal atau dengan mengklik ikon Netbeans (Activities -> Netbeans):

ubuntu netbeans launch

Setelah Netbeans IDE dimuat, Anda akan disajikan halaman Start :

ubuntu netbeans start page

Kesimpulan

Anda telah belajar cara menginstal Netbeans di desktop Ubuntu 18.04. Anda dapat menjelajahi IDE baru dan mulai mengerjakan proyek Java dan PHP Anda.

Untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang cara mengembangkan aplikasi menggunakan NetBeans IDE, kunjungi halaman dokumentasi Netbeans.