Seringkali ketika menginstal aplikasi di Ubuntu, dan setelah mencobanya, Anda memutuskan aplikasi ini tidak cocok atau tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin uninstall paket tersebut.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menghapus instalasi paket perangkat lunak menggunakan grafik “Ubuntu Software Center” dan melalui baris perintah, menggunakan perintah apt atau apt-get.

Hanya root atau pengguna dengan hak akses sudo yang dapat menghapus paket dari Ubuntu.

Uninstall Paket menggunakan Ubuntu Software Center

Jika masih alergi dengan baris perintah, Anda dapat menghapus aplikasi melalui Ubuntu Software Center (USC). Utilitas ini menyediakan antarmuka grafis untuk menemukan, menginstal, dan menguninstall aplikasi.

  1. Di layar Activities , cari “Ubuntu Software” dan klik ikon USC oranye. Ini akan membuka USC tool.
  2. Untuk mendapatkan daftar semua aplikasi yang diinstal, klik pada tab “Installed” di bilah navigasi atas.
  3. Gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi yang ingin Anda uninstall dan klik tombol “Remove” di sebelahnya.Cara Mudah Uninstall Software di Ubuntu Linux

Ubuntu Software tool hanya menampilkan aplikasi yang diinstal yang memiliki  graphical user interface (GUI). Jika tidak dapat menemukan paket yang ingin di hapus, maka solusi terakhir harus menghapus paket dari baris perintah.

Uninstalling Paket Menggunakan Baris Perintah

Salah satu keunggulan Linux adalah, semua yang dapat Anda lakukan menggunakan alat GUI, juga dapat Anda lakukan dari baris perintah. Bahkan, baris perintah memberi Anda lebih banyak opsi dan kontrol untuk menghapus instalasi paket perangkat lunak.

Anda dapat membuka terminal dengan menggunakan shortcut keyboard dengan menekan Ctrl + Alt + T  atau dengan menekan tombol F2 dan ketik terminal.

Sebelum menghapus instalasi paket perangkat lunak, Anda harus terlebih dahulu menemukan nama paket yang tepat. Untuk mendapatkan daftar semua paket yang diinstal pada tipe sistem Anda:

sudo apt list --installed

Perintah akan mencetak daftar panjang paket yang telah diinstal. Mungkin ide yang bagus untuk menyalurkan output ke perintah less agar lebih mudah dibaca. Atau Anda dapat menggunakan grep untuk memfilter hasil.

Di Ubuntu, Debian, dan distribusi Linux terkait, Anda dapat menginstal, memperbarui, menghapus instalan, dan mengelola paket perangkat lunak menggunakan utilitas baris perintah apt dan apt-get. Sintaks kedua perintah identik dan menghasilkan output yang sama.

Untuk menghapus paket yang diinstal, jalankan perintah berikut:

sudo apt remove nama_paket

Ganti nama_paket dengan nama dari paket yang ingin Anda hapus.

sudo apt-get remove nama_paket

Anda juga dapat menghapus beberapa paket. Nama paket harus dipisahkan oleh spasi:

sudo apt remove paket1 paket2

Perintah remove adalah perintah untuk meng-uninstall paket-paket yang diberikan, tetapi mungkin akan meninggalkan beberapa file paket. Jika ingin menghapus paket termasuk semua file dependensinya, gunakan purge daripada remove:

sudo apt purge nama_paket

Uninstall Paket Snap

Jika aplikasi yang ingin Anda hapus tidak terdaftar ketika menjalankan  perintahsudo apt list --installed, bisa jadi paket tersebut awalnya diinstal sebagai paket snap.

Untuk mendaftar semua paket snap yang diinstal, jalankan perintah berikut:

snap list

Setelah tahu nama paket yang tepat, Anda dapat menghapusnya dengan mengetik:

sudo snap remove package_name

Hapus Paket yang Tidak Digunakan

Setiap kali menginstal paket baru yang bergantung pada paket lain, dependensi paket juga akan diinstal. Ketika paket dihapus, paket dependensi akan tetap pada sistem. Paket sisa ini tidak lagi digunakan oleh hal lain dan dapat dihapus.

Anda dapat menghapus paket yang tidak dibutuhkan dengan:

sudo apt autoremove

Kesimpulan

Kami telah menunjukkan kepada Anda cara menghapus aplikasi dari Ubuntu melalui baris perintah dan menggunakan Pusat Perangkat Lunak Ubuntu. Mengetahui cara menghapus paket adalah bagian penting dari administrasi sistem Linux.

Ada beberapa alasan mengapa Anda ingin menghapus paket yang sebelumnya diinstal dari Ubuntu. Misalnya, Anda mungkin perlu menghapus instalasi aplikasi yang tidak lagi di perlukan atau membebaskan ruang disk Anda.