Swap space adalah bagian dari hard disk yang digunakan saat memori RAM penuh. Ketika sistem Linux kehabisan memori fisik (RAM), halaman yang tidak aktif (aplikasi background, tabs browser, dll) akan dipindahkan dari RAM ke Swap. Swap space dapat berupa partisi swap khusus atau file swap.

Swappiness adalah properti kernel Linux yang menetapkan keseimbangan antara pemindahan objek dari memori fisik ke ruang swap, setelah pemindahan selesai, kernel akan menghapus objek dari cache. Pada dasarnya konfigurasi ini akan menentukan seberapa sering sistem akan menggunakan swap.

Artikel ini menjelaskan cara mengubah nilai swappiness pada sistem Linux.

Periksa Nilai Swappiness

Untuk memeriksa nilai swappiness saat ini di sistem Anda, gunakan perintah cat berikut:

cat /proc/sys/vm/swappiness

Nilai swappiness default pada sebagian besar distribusi Linux adalah 60:

60

Perintah lain yang dapat Anda gunakan untuk menentukan nilai swappiness adalah sysctl

sysctl vm.swappiness
vm.swappiness = 60

Meskipun nilai swappiness 60 sudah cukup untuk sebagian besar user, namun dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menetapkan nilai yang lebih rendah.

Swappiness dapat memiliki nilai antara 0 dan 100. Nilai 0 memerintahkan kernel untuk secara agresif menghindari pertukaran se lama mungkin. Nilai 100 akan secara agresif menukar proses dari memori fisik sesering mungkin.

Nilai yang lebih rendah akan membuat kernel mencoba untuk mengurangi seberapa sering bertukar data, sementara nilai yang lebih tinggi berarti kernel akan mencoba menggunakan ruang swap lebih agresif.

Mengapa Menghindari Penggunaan Ruang Swap?

Mengakses memori swap, terutama di Hard drive jauh lebih lambat daripada mengakses memori fisik secara langsung. Nilai yang lebih rendah untuk parameter swappiness kemungkinan besar akan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

Untuk instalasi desktop biasa, nilai 10 sangat disarankan. Nilai swappiness 0 atau 1 direkomendasikan untuk sebagian besar server database atau di server dengan intensitas pertukaran data real-time yang tinggi.

Mengubah Nilai Swappiness

Nilai optimal swappiness tergantung pada beban kerja sistem Anda dan ukuran memori RAM. Anda harus menyesuaikan parameter ini sedikit demi sedikit untuk menemukan nilai optimal.

Misalnya, untuk menetapkan nilai swappiness ke 10 pada saat runtime, ketikkan perintah berikut sebagai pengguna root atau sudo:

sudo sysctl vm.swappiness=1

Untuk membuat parameter swappiness persisten di seluruh reboot, buka file /etc/sysctl.conf dengan editor teks Anda:

sudo nano /etc/sysctl.conf

Temukan parameter vm.swappiness dan ubah nilainya. Jika parameter ini tidak ada, tambahkan baris berikut ke file

vm.swappiness=1

Kesimpulan

Kami telah menunjukkan kepada Anda cara mengubah nilai parameter swappiness. Tidak ada aturan baku tentang berapa nilai optimal, karena setiap konfigurasi akan berbeda dari sistem satu dengan sistem lainnya. Cobalah untuk menurunkan sedikit demi sedikit sehingga cukup untuk kebutuhan produktifitas Anda.