Mengetahui alamat IP perangkat Anda penting saat mengatasi masalah jaringan, mengatur koneksi baru, atau mengkonfigurasi firewall.

Alamat IP dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori, public dan private. IP public adalah Alamat IP yang unik dan dapat diakses dari Internet. Alamat IP private dicadangkan untuk penggunaan internal dalam jaringan private Anda tanpa secara langsung terpapar ke Internet. Selanjutnya, ada dua jenis alamat IP, IP versi 4 (IPv4) dan IP versi 6 (IPv6).

Artikel ini menjelaskan beberapa metode berbeda dalam menentukan Alamat IP public dan private dari sistem Linux.

Menemukan Private IP Anda

Alamat private IP tidak dapat dirutekan melalui Internet dan dimaksudkan untuk bekerja hanya dalam jaringan lokal. Biasanya, alamat private IP ditugaskan untuk setiap perangkat di dalam jaringan lokal oleh router Anda. Router memberikan alamat IP unik untuk perangkat yang berada dalam jaringan lokal Anda, seperti ponsel, laptop, smart TV, printer, media center, dan sebagainya. Perangkat di jaringan lokal terhubung ke Internet melalui NAT (network address translation).

Rentang alamat IPv4 berikut dicadangkan untuk private networks:

  • 10.0.0.0/8
  • 172.16.0.0/12
  • 192.168.0.0/16

Anda dapat menentukan alamat IP private sistem Anda dengan menanyakan tumpukan jaringan dengan perintah sepertiipifconfig atau hostname.

Di Linux, alat standar untuk menampilkan dan mengkonfigurasi interface jaringan adalah ip :

Untuk menampilkan daftar semua interfaces jaringan dan alamat IP yang terkait ketik perintah berikut:

ip addr

Outputnya akan terlihat seperti di bawah ini. Alamat IP private disorot.

private ip

Anda juga dapat menggunakan perintah berikut untuk menampilkan alamat IP private:

hostname -I
ifconfig

Menemukan Alamat IP Publik Anda

Alamat IP Public adalah alamat IP yang dapat dialihkan secara global yang ditetapkan ke perangkat jaringan, yang memungkinkan akses langsung ke Internet. Alamat ini ditempatkan ke perangkat oleh ISP-nya dan setiap perangkat memiliki alamat IP public yang unik. Alamat IP public digunakan oleh router, server web, server mail, dan sebagainya.

Melihat alamat IP public melibatkan menghubungi server jauh melalui protokol HTTP/HTTPS atau DNS dan mendapatkan alamat IP dari respons server jauh.

Pada mesin Desktop, cara termudah untuk mengetahui alamat IP public Anda adalah dengan mengetik “what my ip” di browser Anda.

Jika Anda berada di server Linux headless atau Anda ingin menetapkan alamat IP ke variabel skrip shell, Anda dapat menggunakan alat baris perintah seperti digcurl dan wget.

Sebagian besar DNS providers seperti OpenDNS dan Google memungkinkan Anda untuk menanyakan server mereka dan mendapatkan alamat IP public Anda.

Anda dapat menggunakan perintah di bawah ini untuk mendapatkan IP Anda:

  • dig ANY +short @resolver2.opendns.com myip.opendns.com
  • dig ANY +short @resolver2.opendns.com myip.opendns.com
  • dig ANY +short @ns1-1.akamaitech.net ANY whoami.akamai.net

Ada banyak layanan online baik HTTP/HTTPS yang merespons dengan alamat IP public Anda. Inilah beberapa di antaranya:

  • curl -s http://tnx.nl/ip
  • curl -s https://checkip.amazonaws.com
  • curl -s api.infoip.io/ip
  • curl -s ip.appspot.com
  • wget -O - -q https://icanhazip.com/

Jika salah satu dari perintah di atas tidak berfungsi, mungkin ada masalah dengan layanan online.

Anda bahkan dapat membuat alias di file ~/.bashrc atau ~/.zshrc Anda sehingga Anda tidak perlu mengetik dan mengingat perintah yang panjang. Misalnya, Anda dapat menambahkan alias berikut:

alias pubip='dig ANY +short @resolver2.opendns.com myip.opendns.com'

Sekarang, setiap kali Anda perlu menemukan IP public Anda cukup ketik pubip di terminal Anda.

Kesimpulan

Kami telah menunjukkan kepada Anda beberapa perintah dan layanan online berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui alamat IP private dan public Anda.