Bermain Game selalu menjadi sumber hiburan yang sangat baik untuk segala usia. Ada banyak platform (OS) yang akan menawarkan game-game keren seperti Windows PC,  Xbox, dan PlayStation.

Jika Anda seorang gamer, Anda mungkin akan mengajukan pertanyaan tentang cara bermain game di Linux. Linux menawarkan berbagai macam sistem permainan seperti Native Linux Games, Browser game, Windows Games, dan Terminal Games.

Jenis Game Apa yang Dapat Anda Mainkan di Linux?

Di Linux, Anda akan dapat memainkan banyak game favorit seperti Counter-Strike, Metro Last Night, dll. Tetapi Anda tidak akan dapat memainkan semua game terbaru dan favorit yang tersedia di Windows sampai Anda mengikuti beberapa trik Linux tertentu seperti menggunakan Wine atau Crossover, nanti kita akan membahas semua itu.

Karena berdasarkan data, OS Linux hanya berjalan di 2,5% dari pengguna desktop di dunia. Angka ini membuat sebagian besar pengembang game enggan untuk membawa game mereka ke Linux. Karena, dalam berbisnis, profit untuk perusahaan itu penting. Itu sebabnya kita tidak bisa memainkan semua game di Linux.

Selain itu, banyak perusahaan game menghabiskan banyak uang untuk membuat game, tetapi Linux adalah OS open source. Ini menyediakan aplikasi gratis. Tapi untuk membuat game sama sekali tidak gratis. Jadi pada awalnya, kita harus melihat game mana yang tersedia di Linux. Anda biasanya akan mendapatkan empat jenis game Linux.

Cara Mainkan Game di Linux: Tutorial Mudah untuk Pemula

Kita akan membahas game di Linux dalam empat segmen ini.

  • Native Games Linux
  • Windows Games di Linux
  • Browser Games
  • Terminal Games

Sekarang, mari kita lihat di mana Anda akan menemukan Native Games untuk Linux terbaru

1. Native Linux Games

Meskipun tidak sebanyak Windows, namun game asli untuk linux secara resmi didukung. Game-game ini membutuhkan default Linux Native Client. Tetapi jangan khawatir tentang hal itu, karena sudah diinstal sebelumnya di Linux. Sekarang mari kita lihat game terbaru dan favorit untuk Linux.

  • Software Repositories

Software repository

Sebelum mencari game Linux terbaik, mari kita menjelajahi repositori perangkat lunak default dari distribusi Linux yang diinstal. Ada ratusan permainan yang tersedia di software center berdasarkan berbagai kategori.

Saat menggunakan Ubuntu, software center adalah tempat di mana kita akan mendapatkan semua game tersebut. Tetapi mungkin sedikit berbeda berdasarkan distribusi Linux seperti Linux Mint, Manjaro, Arch Linux, dll.

  • Steam

steam

Steam dikenal sebagai klien game paling populer untuk video game Linux. Steam akan menawarkan Anda untuk membeli dan unduh game terbaru. Game-game ini secara resmi dilindungi dengan DRM.

  • GOG.com

GOG.com adalah platform seperti steam. Anda dapat dengan cepat menelusuri dan mengunduh ribuan game dari GOG.com. Anda juga dapat membeli game dan menginstalnya di sistem, Game yang dibeli akan disimpan di akun Anda.

GOG.com menghadirkan permainan bebas DRM. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi klien apa pun seperti steam untuk mengunduh game. Ini adalah hub permainan berbasis web di mana pengguna dapat membeli dan memasangnya di lingkungan desktop. Jadi satu akun yang akan mengatur semuanya.

  • Portable Linux Games

Portable Linux Games

 

Portable Linux Games adalah situs web populer untuk mengunduh game Linux. Semua game juga tersedia untuk instalasi offline. Anda mengunduh game-game tersebut dan menyimpannya di hard disk drive Anda. Kemudian, klik dua kali salah satu file game dan instal. File game ini sangat penting ketika Anda tidak memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi.

  • Linux Game Database

Linux Game Database

Linux Game Database adalah situs web yang fantastis dengan koleksi game yang sangat banyak untuk Linux. Anda dapat dengan cepat menelusuri semua game sesuai kategori. Ini adalah situs pengumpulan game Linux tempat pengguna dapat menilai game seperti IMDb atau IGN dan mengunduh game dari situs pengembang.

  • Game Drift Game Store

Game Drift Game Store

Meskipun Game Drift adalah distro Linux yang hanya dibuat untuk tujuan permainan, Anda selalu dapat menuju ke game store untuk mengunduh semua game terbaru.

  • Penguspy

Penguspy

Penguspy adalah tempat yang bagus untuk mengunduh game berbasis Linux. Portal ini dibuat untuk mereka yang menolak untuk bermain game di platform Windows. Anda dapat menelusuri game sebagai berdasarkan kategori dan menginstalnya dari situs web pengembang.

2. Game Windows di Linux

Pengguna Windows dapat memainkan banyak game. Tetapi jika Anda ingin memainkan game Windows di Linux, Anda memerlukan beberapa aplikasi. Jadi, mari kita lihat bagaimana Anda dapat memainkan game Windows di Linux:

  • Install Wine di Linux

winehq_official_site

Ada banyak game yang tidak tersedia untuk dimainkan di Linux. Tetapi jika Anda menginstal emulator windows – WineHQ, Anda dapat dengan mudah melakukan banyak permainan dan aplikasi Windows juga. Anda dapat menginstal Wine melalui software center di Ubuntu atau repositori perangkat lunak di distro Linux lainnya.

Wine in Software center

Wine akan membantu Anda untuk meluncurkan permainan windows dan aplikasi di Linux. Selain itu, WineHQ memiliki fitur-fitur yang kompatibel yang membantu Anda menjalankan aplikasi windows dan juga game. Anda dapat melihat perangkat lunak dan permainan mana yang didukung oleh WineHQ dari situs web resmi.

  • PlayOnLinux

playonlinux_official

PlayOnLinux juga merupakan klien desktop berbasis WineHQ. Tetapi dengan antarmuka keseluruhan intuitif dan lebih nyaman bagi pengguna pemula. Aplikasi ini juga bebas biaya seperti WineHQ. Anda juga dapat menginstalnya dari software center dari distro Linux Anda.

PlayOnLinux in software center

Sebelum install ke sistem Linux, Ada baiknya Anda memeriksa daftar aplikasi dan game yang didukung dari situs web resmi.

  • CrossOver

CrossOver

CrossOver adalah versi terbaik dari Wine, tetapi tidak gratis. Anda harus membeli lisensi sebelum menjalankan game atau aplikasi apa pun di Linux. Anda akan mendapatkan banyak dukungan baik teknis maupun profesional dari tim WineHQ yang akan membantu Anda memainkan lebih banyak game. Anda perlu menghabiskan $48 per tahun untuk menggunakan aplikasi ini dan juga dukungan dari pengembang.

3. Browser Games


Browser Games

Web Browser selain dapat menjelajah internet, juga dapat kita manfaatkan untuk memainkan banyak game. Game di Web Browser ini mendukung semua OS seperti Windows, Linux, Mac, dll. Anda dapat memainkan beberapa game online yang fantastis dari web browser.

Google Chrome adalah aplikasi web browser populer yang memungkinkan Anda memainkan ribuan game dari Linux. Cukup buka Browser dan buka tab ekstensi dan cari game yang Anda inginkan. Anda dapat dengan mudah memainkan game-game itu secara online maupun offline.

4. Game Terminal

Command line atau “Terminal” adalah tool yang hebat untuk memainkan banyak game Linux. Saya kira daftarnya tidak terlalu besar, tetapi Anda dapat dengan mudah menikmati Snake atau 2048 dari Terminal.

Kesimpulan

Meskipun bermain game di Linux tidak mudah bagi pengguna pemula, namun ketika Anda telah terbiasa, sensasi akan sama seperti bermain game di Windows. Jangan lupa untuk membagikan tutorial Linux ini dengan teman-teman Anda yang bermain game setiap saat.