Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara melihat daftar dan memfilter paket yang telah diinstal pada Ubuntu. Mengetahui cara melihat daftar paket yang diinstal pada sistem Ubuntu dapat membantu dalam situasi di mana Anda perlu menginstal paket yang sama di komputer lain atau jika Anda ingin menginstal ulang sistem Anda.

Kami juga akan menunjukkan kepada Anda cara memeriksa apakah paket tertentu diinstal, menghitung paket yang diinstal, dan mencari tahu versi paket yang diinstal.

Meskipun tutorial ini ditulis untuk Ubuntu, instruksi yang sama berlaku untuk distribusi berbasis Ubuntu, termasuk Kubuntu, Linux Mint dan Elementary OS.

Melihat Daftar Paket yang Diinstal dengan Apt

apt adalah command-line interface untuk sistem manajemen paket. Perintah apt diperkenalkan di Ubuntu 14.04 dan menggabungkan perintah yang paling umum digunakan dari apt-get dan apt-cache termasuk opsi untuk melihat daftar paket yang diinstal.

Untuk melihat daftar paket yang diinstal pada sistem Ubuntu Anda gunakan perintah berikut:

sudo apt list --installed

Melihat Daftar Paket yang Diinstal dengan Apt

Dari output di atas, perintah mencetak daftar semua paket yang telah diinstal, termasuk informasi tentang versi paket dan arsitektur.

Perintah juga akan mencetak daftar paket panjang. Merupakan ide yang bagus untuk menyalurkan output menjadi lebih sedikit agar lebih mudah dibaca. Gunakan perintah less untuk memotong per halaman baris perintah :

sudo apt list --installed | less

Untuk mengetahui apakah paket tertentu diinstal, Anda dapat memfilter output dengan perintah grep. Misalnya, untuk mengetahui apakah paket screen diinstal pada sistem kami, kami akan menjalankan:

sudo apt list --installed | grep screen
screen/bionic,now 4.6.2-1 amd64 [installed]

Output di atas menunjukkan bahwa kita memiliki versi screen 4.6.2-1 diinstal pada sistem kami.

Lihat Daftar Paket Terinstal dengan dpkg-query

Jika Anda menjalankan versi Ubuntu yang lebih lama, maka Anda dapat menggunakan perintah dpkg-query untuk melihat daftar paket:

sudo dpkg-query -l | less

ubuntu paket denga dpkg query.jpg

Perintah ini akan menampilkan daftar semua paket yang diinstal termasuk versi paket, arsitektur, dan deskripsi singkat.

Anda dapat memfilter output dpkg-query -l dengan grep, sama dengan output apt:

sudo dpkg-query -l | grep nama_paket

Buat daftar semua paket yang diinstal

Untuk membuat daftar nama semua paket yang diinstal pada sistem Ubuntu atau Debian Anda, kemudian menyimpannya dalam file bernama daftar_paket.txt, jalankan perintah berikut:

sudo dpkg-query -f '${binary:Package}\n' -W > daftar_paket.txt

Copy

Sekarang Anda memiliki daftar paket yang terinstal, jika Anda ingin menginstal paket yang sama di server baru Anda, Anda dapat melakukannya dengan dengan perintah xargs berikut :

sudo xargs -a daftar_paket.txt apt install

Hitung jumlah paket yang terinstall pada mesin Ubuntu dan Debian

Untuk mengetahui berapa banyak paket yang telah diinstal pada sistem, Anda dapat menggunakan perintah yang sama seperti sebelumnya tetapi alih-alih mengarahkan output ke file, Anda dapat mengirimkannya ke utilitas wc untuk menghitung baris:

sudo dpkg-query -f '${binary:Package}\n' -W | wc -l
544

Seperti yang Anda lihat, saya memiliki 544 paket yang diinstal di server Ubuntu saya.

Kesimpulan

Sekarang Anda harus tahu cara mendaftar dan memfilter paket yang diinstal pada sistem Ubuntu Anda. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang perintah apt, buka terminal Anda dan ketik man apt.