exFAT (Extended File Allocation Table) adalah sistem file berpemilik dari Microsoft yang dioptimalkan untuk perangkat memori flash seperti SD Card dan USB flash drive. exFAT dirancang untuk menggantikan sistem file FAT32 lama (32bit ) yang tidak dapat menyimpan file lebih besar dari 4 GB.

Sistem file exFAT didukung secara default pada semua versi terbaru Windows dan sistem operasi macOS. Debian, seperti kebanyakan distribusi Linux utama lainnya, tidak menyediakan dukungan bawaan untuk modul proprietary (berpemilik), seperti sistem file exFAT.

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan dukungan exFAT di Debian Linux.

Cara Mengaktifkan Dukungan exFAT di Debian Linux

Untuk memasang sistem file exFAT pada Debian, pertama Anda harus memasang modul dan tools FUSE exFAT yang menyediakan implementasi sistem file exFAT berfitur lengkap untuk sistem Unix-like.

Buka terminal Anda dan instal paket exfat-fuse dan exfat-utils menggunakan perintah berikut:

sudo apt update
sudo apt install exfat-fuse exfat-utils

That’s it!, Anda sekarang dapat memasang drive USB form exFAT.

Kesimpulan

Untuk mengaktifkan dukungan file sistem exFAT pada Debian, Anda hanya perlu menginstal modul dan tools FUSE exFAT. Beberapa orang menyebut exFAT sebagai FAT64.

Biasanya, drive USB akan mounted secara otomatis saat Anda memasukkannya, tetapi jika pemasangan otomatis gagal, Anda dapat memasang drive secara manual.