Nginx (engine x) adalah salah satu server web paling populer di dunia dan bertanggung jawab untuk meng-hosting beberapa situs dengan lalu lintas terbesar dan terbanyak di internet.

Nginx terkenal lebih ramah sumber daya daripada Apache dalam beberapa kasus, dan dapat digunakan sebagai web server maupun reversed proxy.

Dibandingkan dengan Apache, Nginx dapat menangani sejumlah besar koneksi konkuren dan memiliki jejak memori yang lebih kecil per koneksi.

Tutorial ini akan mengajarkan Anda cara menginstal dan mengelola Nginx di mesin CentOS 8.

Prasyarat

Sebelum memulai dengan tutorial, pastikan Anda masuk sebagai pengguna dengan hak istimewa sudo, dan Anda tidak memiliki Apache atau layanan lain yang berjalan pada port 80 atau 443.

Instal Nginx di CentOS

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal Nginx di server CentOS Anda:

Anda dapat melakukannya dengan mengetik:

sudo yum install nginx

Setelah instalasi selesai, aktifkan dan mulai layanan Nginx dengan:

sudo systemctl enable nginx
sudo systemctl start nginx

Untuk memverifikasi bahwa layanan ini berjalan, periksa statusnya:

sudo systemctl status nginx

Outputnya akan terlihat seperti ini:

● nginx.service - The nginx HTTP and reverse proxy server
   Loaded: loaded (/usr/lib/systemd/system/nginx.service; enabled; vendor preset: disabled)
   Active: active (running) since Sun 2019-10-06 18:35:55 UTC; 17min ago
   ...

Pengaturan Firewall dan Nginx di CentOS 8

FirewallD adalah aplikasi firewall default di Centos 8.

Selama instalasi, Nginx membuat file layanan firewalld dengan aturan yang telah ditentukan untuk memungkinkan akses ke HTTP (80) dan HTTPS (443) port.

Gunakan perintah berikut untuk membuka port yang diperlukan secara permanen:

sudo firewall-cmd --permanent --zone=public --add-service=http
sudo firewall-cmd --permanent --zone=public --add-service=https
sudo firewall-cmd --reload

Sekarang, Anda dapat menguji instalasi Nginx Anda, dengan membuka http://alamat_ip di browser web. Anda akan melihat halaman selamat datang Nginx default, yang akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Nginx Index CentOS

Struktur Dasar File Konfigurasi Nginx

  • File konfigurasi Nginx disimpan di direktori /etc/nginx.
  • File konfigurasi Nginx adalah /etc/nginx/nginx.conf.
  • File konfigurasi Server block (vhost) terletak dalam direktori /etc/nginx/conf.d. File-file konfigurasi yang ditemukan dalam direktori ini tidak digunakan oleh Nginx kecuali mereka ditautkan ke direktori /etc/nginx/sites-enabled.
  • Mengaktifkan server block dilakukan dengan membuat symlink (pointer) dari situs file konfigurasi di direktori /etc/nginx/conf.d ke direktori sites-enabled.
  • Untuk lebih mudah mengelola, gunakan nama domain untuk pemberian nama konfigurasi, semisal domain linuxid.net maka file konfigurasi dapat bernama /etc/nginx/conf.d/linuxid.net.conf
  • Direktori /etc/nginx/snippets berisi potongan konfigurasi yang dapat dimasukkan dalam file server block. Jika Anda menggunakan segmen konfigurasi berulang, maka Anda dapat merombak segmen tersebut menjadi potongan dan menyertakan file snippet ke server block.
  • File log nginx (access.log dan error.log) terletak di direktori /var/log/nginx/. Disarankan untuk membedakan antara accessdan file error log untuk setiap server block.
  • Anda dapat mengatur direktori root dokumen domain Anda ke lokasi yang Anda inginkan. Lokasi yang paling umum untuk webroot meliputi:
    • /home/<user_name>/<nama_situs>
    • /var/www/<nama_situs>
    • /var/www/html/<nama_situs>
    • /opt/<nama_situs>

Kesimpulan

Selamat, Anda telah berhasil menginstal Nginx di server CentOS 8 . Anda sekarang siap untuk mulai menggunakan aplikasi Anda dan menggunakan Nginx sebagai web atau server proxy.

Anda dapat mengelola layanan Nginx dengan cara yang sama seperti unit systemd lainnya.