Xrdp adalah implementasi open source dari Microsoft Remote Desktop Protocol (RDP) yang memungkinkan Anda untuk mengontrol sistem remote secara grafis.

Dengan RDP Anda dapat masuk ke mesin jarak jauh dan membuat sesi desktop nyata sama seperti jika Anda masuk ke mesin lokal

Pada Tutorial ini, kita akan membahas cara install dan mengkonfigurasi Xrdp server di Raspberry Pi 3 dan 4, sehingga dapat terhubung ke mesin klien baik di jaringan yang sama atau ke Internet.

Persyaratan

Kami berasumsi bahwa sistem operasi Raspbian di Raspberry Pi Anda.

Install Desktop Environment (Jika Belum)

Jika sudah memiliki desktop environments (DE) di Raspberry Anda, lewati bagian ini.

Raspbian Buster hadir dalam beberapa varian berbeda. Jika Anda memiliki Raspbian Lite, yang mana tidak memiliki GUI, Anda harus menginstal desktop environment yang akan bertindak sebagai backend untuk Xrdp.

Ada beberapa desktop environments yang tersedia di repositori Rabsbian. Kami akan menginstal Pixel, yang merupakan desktop environment default pada images Desktop Raspbian. Menurut kami, ini adalah DE yang cepat, stabil, dan ringan, yang membuatnya ideal untuk penggunaan pada server jarak jauh.

Masuk ke Pi dan jalankan perintah berikut untuk menginstal desktop Pixel:

sudo apt update
sudo apt-get install raspberrypi-ui-mods xinit xserver-xorg

Bergantung pada sistem Anda, mengunduh dan menginstal paket Pixel mungkin memerlukan waktu.

Setelah selesai, reboot sistem agar perubahan diterapkan:

sudo reboot

Install Xrdp di Raspberry Pi

Paket Xrdp tersedia di repositori default Raspbian Buster. Untuk menginstalnya, jalankan perintah berikut :

sudo apt install xrdp

Ketika proses instalasi selesai, layanan Xrdp akan secara otomatis dimulai. Anda dapat memverifikasi bahwa Xrdp berjalan dengan mengetik:

sudo systemctl status xrdp

Ketika proses instalasi selesai, layanan Xrdp akan secara otomatis dimulai. Anda dapat memverifikasi bahwa Xrdp berjalan dengan mengetik:

systemctl show -p SubState --value xrdp

Perintah akan menampilkan output “running“.

Secara default Xrdp menggunakan file /etc/ssl/private/ssl-cert-snakeoil.key yang hanya dapat dibaca oleh user yang merupakan anggota grup “ssl-cert“. Anda harus menambahkan user yang menjalankan server Xrdp ke grup ssl-cert.

Jalankan perintah berikut untuk menambahkan user ke group ssl-cert:

sudo adduser xrdp ssl-cert

Pada poin ini, Xrdp telah diinstal pada Raspberry Pi Anda.

Cara Remote Connection ke Raspberry Pi

Sekarang Anda telah menyiapkan server Xrdp, sekarang saatnya untuk membuka klien Xrdp dan terhubung ke Raspberry Pi Anda.

Jika Anda adalah pengguna Windows, Anda dapat terhubung ke Pi menggunakan RDP client default. Ketik “remote” di bilah pencarian Windows dan klik “Remote Desktop Connection“. Ini akan membuka klien RDP. Di bidang komputer, masukkan alamat IP Raspberry Pi dan klik “Connect“.

Pada layar login, masukkan username dan kata sandi Raspberry Pi Anda dan klik “OK”.

Setelah masuk, Anda akan melihat tampilan default desktop Pixel. Akan terlihat seperti ini:

xrdp-pixel-desktop

Dari sini, Anda dapat mulai berinteraksi dengan desktop Raspberry Pi dari mesin lokal Anda menggunakan keyboard dan mouse.

Jika Anda menggunakan macOS, Anda dapat menginstal aplikasi Microsoft Remote Desktop dari Mac App Store. Pengguna Linux dapat menggunakan klien RDP seperti Remmina atau Vinagre.

Kesimpulan

Menginstal server Xrdp memungkinkan Anda untuk mengelola server Raspberry Pi dari mesin desktop lokal Anda menggunakan antarmuka grafis yang mudah digunakan.