Vagrant adalah alat baris perintah open-source untuk membangun dan mengelola lingkungan mesin virtual. Secara default, Vagrant dapat menyediakan mesin untuk berjalan di VirtualBox, Hyper-V. dan Docker. Penyedia lain seperti Libvirt (KVM), VMware dan AWS dapat diinstal melalui sistem plugin Vagrant.

Biasanya, Vagrant digunakan oleh developers untuk mengatur lingkungan pengembangan untuk simulasi sebelum diterapkan ke server produksi.

Dalam tutorial ini, kami akan menjelaskan cara menginstal Vagrant di CentOS 8. Kami juga akan menunjukkan kepada Anda cara membuat lingkungan pengembangan.

Install Vagrant di CentOS 8

Pada saat menulis artikel ini, versi stabil terbaru dari Vagrant adalah versi 2.2.6. Kunjungi halaman downloads Vagrant untuk melihat apakah ada versi baru Vagrant yang tersedia.

Untuk menginstal Vagrant pada mesin CentOS, masukkan perintah berikut sebagai root atau user dengan hak sudo:

sudo dnf install https://releases.hashicorp.com/vagrant/2.2.6/vagrant_2.2.6_x86_64.rpm

Setelah instalasi selesai, verifikasi bahwa Vagrant berhasil diinstal dengan menjalankan:

vagrant --version

Perintah akan mencetak versi Vagrant:

Vagrant 2.2.6

Belajar Menggunakan Vagrant

Sekarang Anda telah memiliki Vagrant terinstall pada sistem CentOS, mari kita buat lingkungan pengembangan menggunakan penyedia VirtualBox, yang merupakan penyedia default untuk Vagrant. Pastikan Anda memiliki VirtualBox terinstall di sistem CentOS 8 Anda.

Langkah pertama adalah membuat direktori yang akan menjadi direktori root proyek. Buat direktori proyek dan masuk ke direktori tersebut :

mkdir ~/my-vagrant-project
cd ~/my-vagrant-project

Langkah selanjutnya adalah menginisialisasi Vagrantfile baru menggunakan perintah vagrant init dan tentukan box yang ingin Anda gunakan.

Boxes adalah format paket untuk lingkungan Vagrant dan khusus untuk penyedia. Anda dapat menemukan daftar Boxes Vagrant yang tersedia untuk umum di halaman katalog Boxes Vagrant.

Dalam contoh ini, kita akan menggunakan box ubuntu/bionic64. Jalankan perintah berikut untuk menginisialisasi Vagrantfile baru:

vagrant init ubuntu/bionic64
A `Vagrantfile` has been placed in this directory. You are now
ready to `vagrant up` your first virtual environment! Please read
the comments in the Vagrantfile as well as documentation on
`vagrantup.com` for more information on using Vagrant.

Anda dapat membuka Vagrantfile dengan teks editor Anda, membaca komentar di file, dan membuat penyesuaian sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jalankan perintah vagrant up untuk membuat dan mengkonfigurasi mesin virtual seperti yang didefinisikan dalam Vagrantfile:

vagrant up
==> default: Configuring and enabling network interfaces...
    default: SSH address: 192.168.121.24:22
    default: SSH username: vagrant
    default: SSH auth method: private key
==> default: Rsyncing folder: /home/linuxize/Vagrant/my-vagrant-project/ => /vagrant

Jika box itu tidak ada secara lokal, maka box akan diunduh. Vagrant juga memasang direktori proyek di /vagrant di mesin virtual, yang memungkinkan Anda untuk bekerja pada file proyek Anda di mesin host Anda.

Untuk ssh ke mesin virtual, ketik:

vagrant ssh

Anda dapat menghentikan mesin virtual dengan perintah berikut:

vagrant halt

Perintah di bawah ini menghentikan mesin yang sedang berjalan dan mengembalikan semua sumber daya (RAM/CPU) yang dibuat selama pembuatan mesin virtual :

vagrant destroy

Jika mesin virtual sedang berjalan, maka akan dihentikan terlebih dahulu sebelum dihapus.

Kesimpulan

Kami telah menunjukkan kepada Anda cara menginstal Vagrant pada CentOS 8 dan cara membuat lingkungan pengembangan dasar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Vagrant, kunjungi halaman dokumentasi Vagrant.