Biasanya, saat bekerja dengan Git, Anda hanya akan menggunakan satu remote bernama origin dan branches yang berbeda untuk berbagai fitur dan environments. Origin adalah nama remote yang secara otomatis dibuat ketika Anda mengkloning repositori dan menunjuk ke repositori yang dikloning.

Namun, ketika berkolaborasi pada proyek dengan sekelompok orang, Anda mungkin menemukan menggunakan beberapa remote Git sangat berguna.

Git remote adalah petunjuk ke versi repositori yang biasanya disimpan di server lain.

Panduan ini menjelaskan cara menambahkan Git remote baru.

Menambahkan Remote Git

remote repository harus ada sebelum menambahkan remote git ke repositori lokal. Anda dapat membuat repositori pada layanan hosting Git seperti GitHub, GitLab, dan BitBucket atau di server private Git Anda.

Untuk menambahkan remote baru, navigasikan ke direktori tempat penyimpanan Anda dan gunakan perintah git remote add diikuti dengan nama remote, dan URL remote:

git remote add <remote-name> <remote-url>

Misalnya, untuk menambahkan remote baru bernama staging  yang menunjuk ke [email protected]:user/repo_name.git , maka Anda akan mengetik:

git remote add staging [email protected]:user/repo_name.git

Gunakan perintah git remote untuk melihat list koneksi jarak jauh dan verifikasi bahwa remote baru berhasil ditambahkan:

git remote -v

Outputnya akan terlihat seperti ini :

origin	https://github.com/user/repo_name.git (fetch)
origin	https://github.com/user/repo_name.git (push)
staging	[email protected]:user/repo_name.git (fetch)
staging	[email protected]:user/repo_name.git (push)

Apa yang sebenarnya dilakukan perintah git remote add adalah memodifikasi file repositori .git/config dan koneksi baru ke repositori remote.

...

[remote "staging"]
        url = [email protected]:user/repo_name.git
        fetch = +refs/heads/*:refs/remotes/staging/*

Anda dapat menambahkan remote baru dengan mengedit file .git/config dengan teks editor, tetapi menggunakan perintah git remote add jauh lebih mudah.

Pada point Anda telah berhasil menambahkan Git remote baru.

Untuk push kode ke remote baru,  gunakan perintah berikut :

git push <remote-name> <branch-name>

Untuk fetch dan pull dari remote gunakan perintah berikut :

git fetch <remote-name>git pull <remote-name>

Kesimpulan

Menambahkan Git remote baru hanya ada satu perintah. Git remote sangat berguna dan memungkinkan Anda memiliki beberapa repositori.