Pernah terpikirkan berapa banyak tombol yang Anda tekan sehari? Seberapa sering Anda mengklik tombol mouse perhari? Atau seberapa jauh mouse Anda bergeser hari ini?

Jika demikian, Anda mungkin akan menyukai Habits, aplikasi Linux yang dirancang untuk pengguna yang obsesif dan rasa ingin tahu yang berlebih!

Aplikasi ini dibuat oleh Atareao, dan dapat mengukur:

  • Jarak yang ditempuh oleh mouse (dalam meter)
  • Jumlah tombol yang di tekan pada keyboard Anda
  • Jumlah klik pada mouse / touchpad

Habits akan mengelompokkan data berdasarkan hari (mis. Jarak yang ditempuh oleh pointer mouse Anda per hari) dan grafik yang disajikan oleh data dapat diubah dengan warna pilihan Anda:

habits graph

Software ini hanya mengumpulkan informasi ketika app berjalan, jadi Anda mungkin ingin menambahkan aplikasi ke daftar item startup Anda.

Selain mengatur Habits untuk memulai ulang aplikasi secara otomatis, juga memungkinkan Anda melakukan pemantauan saat membuka aplikasi tertentu (berguna jika, misalnya, Anda ingin melacak pergerakan mouse di aplikasi grafis, atau menekan tombol di teks editor).

Apakah App ini berguna?

App ini sangat berguna bagi Anda yang ingin tahu seberapa banyak tombol yang Anda tekan perhari, berapa kilometer mouse bergeser, dan tahukah Anda, jika kita membutuhkan sekitar 1.42 kalori untuk klik pada mouse? dan sekitar 1.22 untuk menggeser mouse 5 cm?

Dengan software ini, kita dapat memperkirakan berapa jumlah kalori yang terpakai ketika duduk di depan komputer. Jika Anda bertanya kepada saya, tentang pendapat pribadi? well tidak terlalu.

Jika Anda merasa tertarik mencoba, lanjutkan membaca..

Cara Install Habits di Ubuntu

Saya harus tegaskan di sini: menginstal aplikasi APA PUN yang dapat memantau apa yang Anda ketik, bukanlah langkah yang masuk akal. Si pembuat app mengatakan aplikasi ini tidak merekam kata apapun yang Anda tekan. Dan tidak ada data yang dikirim dari sistem Anda ke cloud atau ke mana pun.

Habits adalah perangkat lunak free dan open source yang ditulis dalam Python, dengan source code tersedia di GitHub.

Untuk menginstal Habits di Ubuntu 18.04 LTS (dan yang terbaru), Anda harus menambahkan Atareao PPA dengan menjalankan perintah ini:

sudo add-apt-repository ppa:atareao/atareao

Setelah PPA diaktifkan, Anda dapat melanjutkan dan menginstal Habits dengan menjalankan perintah ini:

sudo apt install habits

Terakhir, luncurkan Habits dari launcher aplikasi atau menu aplikasi distro Anda.

Untuk menghapus Habits jalankan :

sudo apt remove habits

Meskipun ini langkah opsional, Anda mungkin ingin menghapus PPA setelah menghapus aplikasi.