Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Perintah file di Linux. Seperti namanya, perintah file akan menampilkan jenis suatu file.

Perintah ini sangat membantu ketika Anda harus mengetahui jenis file yang belum pernah Anda lihat sebelumnya atau file tersebut tidak memiliki ekstensi file.

Sintaks Perintah File di Linux

Sintaks untuk perintah file di Linux adalah sebagai berikut:

file [OPTION] [FILE]

Itu bisa mengambil satu atau lebih nama file sebagai argumennya.

Cara Menggunakan Perintah file untuk Menemukan Jenis File

Perintah file mengklasifikasikan suatu file berdasarkan serangkaian tes dan menentukan jenis file berdasarkan pada tes pertama yang berhasil.

Dalam bentuknya yang paling sederhana ketika digunakan tanpa opsi apa pun, perintah file akan menampilkan nama file bersama dengan jenis file:

file /etc/group
/etc/group: ASCII text

Untuk menampilkan hanya tipe file gunakan opsi -b (--brief):

file -b /etc/group
ASCII text

Seperti yang Anda lihat dari output di atas, file /etc/group adalah file text.

Cara Menemukan Jenis File dari Banyak File

Anda dapat mengirimkan lebih dari satu file ke perintah file:

file /bin/bash /opt/card.zip

Perintah akan mencetak jenis setiap file pada file terpisah:

/bin/bash:     ELF 64-bit LSB shared object, x86-64, version 1 (SYSV), dynamically linked, interpreter /lib64/ld-linux-x86-64.so.2, for GNU/Linux 3.2.0, BuildID[sha1]=42602c973215ba5b8ab5159c527e72f38e83ee52, stripped
/opt/card.zip: Zip archive data, at least v1.0 to extract

Perintah ini juga menerima karakter wildcard. Misalnya, untuk menemukan jenis setiap file .jpg di direktori saat ini Anda akan menjalankan:

file *.jpg
PhotoMantan001.jpg: JPEG image data, JFIF standard 1.01, aspect ratio, density 1x1, segment length 16, progressive, precision 8, 2083x1250, components 3
PhotoPacarBaru031.jpg: JPEG image data, JFIF standard 1.01, resolution (DPI), density 72x72, segment length 16, comment: "Created with GIMP", baseline, precision 8, 1280x1024, components 

Cara Melihat Jenis Mime File

Gunakan opsi -i (--mime) untuk menentukan tipe mime file :

file -i /var/www/index.html
/var/www/index.html: text/html; charset=us-ascii

Kesimpulan

Sekarang Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana menggunakan perintah file Linux. Untuk informasi lebih lanjut tentang perintah file, lihat halaman manual perintah file.