Artikel ini membahas dasar-dasar perintah Linux pgrep.

pgrep adalah utilitas baris perintah yang memungkinkan Anda menemukan process ID dari program yang sedang berjalan berdasarkan kriteria yang diberikan. Ini bisa berupa nama proses lengkap atau sebagian, pengguna yang menjalankan proses, atau atribut lainnya.

Perintah pgrep adalah bagian dari paket procps (atau procps-ng), yang sudah diinstal sebelumnya di hampir semua distribusi Linux.

Cara Menggunakan Perintah pgrep

Sintaks untuk perintah pgrep adalah sebagai berikut:

pgrep [OPTIONS]<PATTERN>

Pencocokan <PATTERN> ditentukan menggunakan extended regular expressions.

Ketika dipanggil tanpa opsi apa pun, pgrep menampilkan PID dari semua program yang berjalan yang cocok dengan nama yang diberikan. Misalnya, untuk menemukan PID dari SSH server, Anda akan menjalankan:

pgrep ssh

Jika ada proses yang berjalan dengan nama yang cocok dengan “ssh”, PID mereka akan ditampilkan di layar. Jika tidak ada yang cocok, hasilnya kosong atau tidak output yang di hasilkan.

1039
2257
6850
31279

Perintah akan mengeluarkan output 0 ketika setidaknya satu proses berjalan cocok dengan nama yang diminta. Kalau tidak, kode exit adalah 1. Ini bisa berguna saat digunakan dalam shell scripts.

Jika Anda ingin mengirim sinyal ke proses yang cocok gunakan pkill. Perintah ini adalah berkesinambungan dengan perintah pkill, dan menggunakan opsi dan pencocokan pola yang sama.

pgrep mencetak setiap process ID yang cocok pada baris baru. Opsi -d memungkinkan Anda menentukan pembatas yang berbeda. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan spasi sebagai pembatas, masukkan:

pgrep ssh -d' '
1039 2257 6850 31279

Opsi -l memberitahu pgrep untuk menunjukkan nama proses beserta ID-nya:

pgrep ssh -l

pgrep menggunakan regular expressions untuk melakukan operasi pencarian dan akan mendaftar semua proses yang mengandung “ssh” dalam namanya:

1039 sshd
2257 ssh-agent
6850 ssh
31279 ssh-agent

Jika Anda hanya ingin mencocokkan proses yang namanya persis dengan pola pencarian, Anda akan menggunakan:

pgrep '^ssh$' -l
6850 ssh

Karakter tanda caret (^) akan melihat pencocokan di awal string, dan dolar $ di akhir.

Secara default, pgrep hanya cocok dengan nama proses. Ketika opsi -f digunakan perintah cocok dengan daftar argumen penuh.

pgrep -f ssh

Gunakan opsi -u untuk memberi tahu pgrep untuk menampilkan proses yang dijalankan oleh pengguna tertentu:

pgrep -u root

Untuk menentukan beberapa pengguna, pisahkan nama mereka dengan koma:

pgrep -u root,budi

Anda juga dapat menggabungkan opsi dan pola pencarian. Misalnya untuk mencetak semua proses dan nama mereka yang berjalan di bawah user “budi” dan berisi “gnome” dalam nama mereka, Anda akan mengetik:

pgrep -l -u budi gnome

Untuk hanya menampilkan proses yang dimulai paling awal (terlama) atau paling baru (terkini), gunakan opsi -n (untuk terlama) atau -o (untuk terkini).

Misalnya, untuk menemukan proses terlama yang dimulai oleh pengguna”budi”, Anda akan memasukkan:

pgrep -lnu budi

Untuk membalikkan pencocokan, mis. Untuk memperlihatkan hanya proses yang tidak cocok dengan kriteria yang diberikan, gunakan opsi -v. Perintah berikut akan mencetak semua proses yang tidak dijalankan oleh “tanda” pengguna:

pgrep -v -u budi

Opsi -c memberitahu pgrep untuk mencetak hanya hitungan dari proses yang cocok. Misalnya untuk menemukan proses yang dijalankan sebagai pengguna “budi”, masukkan perintah :

pgrep -c -u budi

Kesimpulan

Perintah pgrep digunakan untuk mencari tahu PID dari program yang sedang berjalan berdasarkan kriteria yang berbeda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perintah pgrep, kunjungi halaman manual pgrep atau ketik man pgrep di terminal Anda.