lsmod adalah utilitas baris perintah yang menampilkan informasi tentang modul kernel Linux yang di load.

Modul kernel

Kernel adalah komponen inti dari sistem operasi. Kernel mengelola semua hal dalam sistem sistem operasi, termasuk segala sumber daya sistem, dan merupakan jembatan antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer Anda.

Kernel Linux memiliki desain modular. Modul kernel, atau sering disebut sebagai driver, adalah bagian dari kode yang memperluas fungsionalitas kernel. Modul ini dapat dikompilasi sebagai modul yang dapat di load dalam sistem operasi atau menjadi bagian di dalam kernel itu sendiri. Modul yang dapat diĀ load ini dapat di unload di kernel yang sedang berjalan berdasarkan permintaan, tanpa perlu me-reboot sistem.

Secara umum, modul di load sesuai permintaan oleh udev (device manager). Anda juga dapat memuat modul secara manual ke dalam kernel menggunakan perintah modprobe, atau secara otomatis saat boot menggunakan /etc/modules atau di file /etc/modules-load.d/*.conf.

Modul kernel disimpan di direktori /lib/modules/<versi_kernel>. Untuk menemukan versi rilis dari kernel yang berjalan, gunakan perintah uname -r.

Perintah lsmod

lsmod adalah utilitas sederhana yang tidak menerima opsi atau argumen apa pun. Perintahnya adalah membaca apa yang ada di /proc/modules dan menampilkan isi file dalam list yang diformat dengan baik.

Jalankan lsmod di baris perintah untuk mengetahui modul kernel apa yang saat ini di load:

lsmod

Perintah menampilkan informasi untuk setiap modul kernel yang di load di baris baru:

Module                  Size  Used by
cmac                   16384  0
rfcomm                 81920  4
...
ahci                   40960  1
intel_lpss_pci         20480  0
i2c_i801               32768  0
libahci                32768  1 ahci
intel_lpss             16384  1 intel_lpss_pci
...

Setiap baris memiliki tiga kolom:

  • Module – Kolom pertama menunjukkan nama modul.
  • Size – Kolom kedua menunjukkan ukuran modul dalam byte.
  • Used by – Kolom ketiga menunjukkan angka yang menunjukkan berapa banyak instance dari modul yang saat ini digunakan. Nilai nol berarti modul tidak digunakan. Daftar yang dipisahkan koma setelah nomor menunjukkan apa yang menggunakan modul.

Untuk mengetahui apakah modul tertentu di load, filter output dengan grep. Sebagai contoh untuk menemukan apakah modul kvm di load, Anda dapat menjalankan perintah berikut :

lsmod | grep kvm
kvm_intel             278528  0
kvm                   651264  1 kvm_intel
irqbypass              16384  1 kvm

Untuk informasi terperinci tentang modul, gunakan perintah modinfo.

Kesimpulan

Perintah lsmod menampilkan daftar modul kernel yang saat ini d load.