Apache CouchDB adalah database NoSQL free dan open-source yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation. CouchDB dapat digunakan sebagai single-node atau clustered .

Apache CouchDB adalah database NoSQL open-source yang fault-tolerant yang dikelola oleh Apache Software Foundation.

Server CouchDB menyimpan datanya dalam database bernama yang berisi dokumen dengan struktur JSON. Setiap dokumen terdiri dari sejumlah fields dan attachments. Kolom dapat menyertakan text, angka, lists, boolean, dan lainnya. CouchDB merupakan RESTful HTTP API yang memungkinkan Anda membaca, membuat, mengedit, dan menghapus dokumen basis data.

Dalam tutorial ini, kita akan membahas proses instalasi versi terbaru CouchDB di Debian 10, Buster.

Mengaktifkan Repositori CouchDB

Cara termudah untuk menginstal CouchDB di Debian 10 adalah dengan mengaktifkan repositori vendor dan menginstal paket biner.

Jalankan perintah berikut sebagai root atau user dengan hak sudo dan import GPG key :

echo "deb https://apache.bintray.com/couchdb-deb buster main" | sudo tee -a /etc/apt/sources.listcurl -L https://couchdb.apache.org/repo/bintray-pubkey.asc | sudo apt-key add -

Install CouchDB di Debian 10

Setelah repositori diaktifkan, perbarui daftar paket dan instal CouchDB:

sudo apt update
sudo apt install couchdb

Pertama, installer akan menanyakan apakah Anda ingin menginstal CouchDB dalam mode standalone atau clustered. Karena dalam tutorial ini kita akan install pada satu mesin, maka kita akan menginstal CouchDB dalam mode standalone .

couchdb-select-mode

Selanjutnya, Anda akan diberi opsi untuk mengatur alamat IP dari network interface tempat CouchDB akan bind. Untuk pengaturan server tunggal, biarkan default 127.0.0.1. Jika Anda mengonfigurasi cluster, masukkan interface dengan alamat IP atau ketik 0.0.0.0, yang memberitahu CouchDB untuk binds ke semua interface jaringan.

couchdb-select-interface

Pada prompt berikutnya, set kata sandi admin. Sangat disarankan untuk mengatur kata sandi, dan mengeluarkan CouchDB dari mode “admin party” yang tidak aman. Jika Anda membiarkan bidang ini kosong, pengguna admin tidak dibuat.

couchdb create admin

Konfirmasikan kata sandi dan instalasi akan dilanjutkan.

couchdb confirm password

Verifikasi Instalasi CouchDB

Server CouchDB berjalan di localhost:5984. Untuk mengonfirmasi bahwa instalasi berhasil dan layanan sedang berjalan, jalankan perintah curl berikut yang akan mencetak informasi tentang database CouchDB dalam format JSON:

curl http://127.0.0.1:5984/

Output akan terlihat seperti berikut

{
   "couchdb":"Welcome",
   "version":"3.0.0",
   "git_sha":"03a77db6c",
   "uuid":"adab3f42ce6a06245d2955c1d6832266",
   "features":[
      "access-ready",
      "partitioned",
      "pluggable-storage-engines",
      "reshard",
      "scheduler"
   ],
   "vendor":{
      "name":"The Apache Software Foundation"
   }
}

Untuk kejelasan output telah diformat.

Jika Anda lebih suka GUI, Anda dapat mengakses CouchDB di antarmuka berbasis web, Fauxton di:

http://127.0.0.1:5984/_utils/

couchdb-fauxton

Kesimpulan

Kami telah menunjukkan kepada Anda cara menginstal CouchDB Debian 10. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang topik ini di Dokumentasi Apache CouchDB.