Ubuntu 20,04 LTS (Focal Fossa) telah dirilis pada 23 April 2020, dan akan didukung selama lima tahun. Muncul dengan banyak paket baru dan upgrade pada sisi perangkat lunak, termasuk versi terbaru dari OpenJDK, GCC, Python, Ruby, dan PHP. Rilis Focal Fossa didasarkan pada kernel Linux 5.4 LTS dan menambahkan dukungan untuk perangkat keras dan file system baru. Edisi desktop hadir dengan GNOME 3.36 dan tema default baru bernama Yaru.

Tutorial ini menjelaskan cara upgrade dari Ubuntu 18.04 atau Ubuntu 19.10 ke Ubuntu 20.04 LTS.

Prasyarat Tutorial

Anda dapat upgrade langsung ke versi 20.04 dari Ubuntu 18.04 atau Ubuntu 19.10 secara langsung. Jika Anda menjalankan rilis sebelumnya (17.10 kebawah), Anda terlebih dahulu harus upgrade ke Ubuntu 18.04 atau 19.10.

Operasi upgrade harus dijalankan dengan hak superuser. Anda harus masuk sebagai root atau user dengan hak sudo.

Backup Data Anda

Pertama dan terpenting, pastikan membuat backup data sebelum memulai proses upgrade pada sistem operasi Anda. Jika Anda menjalankan Ubuntu pada mesin virtual (VirtualBox atau VMware) yang terbaik adalah mengambil snapshot sistem secara lengkap sehingga Anda dapat dengan mudah mengembalikan mesin Anda jika proses upgrade mengalami kegagalan.

Update Paket yang telah di Install Saat Ini

Sebelum memulai upgrade rilis, disarankan untuk memperbarui semua paket yang Anda instal ke versi terbaru mereka.

Paket yang ditandai “held back” tidak dapat secara otomatis diinstal, ditingkatkan, atau dihapus. Ini dapat menyebabkan masalah selama proses peningkatan. Untuk memeriksa apakah ada paket yang “tertahan” pada sistem Anda jalankan:

sudo apt-mark showhold

Jika ada packet yang memiliki status on hold, Anda harus menjalankan perintah unhold dengan perintah:

sudo apt-mark unhold nama_packet

Langkah selanjutnya, Refresh apt list dan upgrade semua paket yang diinstal:

sudo apt update && sudo apt upgrade

Jika kernel mengalami proses upgrade, reboot mesin untuk menerapkan perubahan dan meminimalisir kesalahan :

sudo systemctl reboot

Lakukan upgrade major version dari paket yang diinstal:

sudo apt full-upgrade

Hapus semua dependensi yang diinstal secara otomatis yang tidak lagi diperlukan oleh paket apa pun:

sudo apt --purge autoremove

Upgrade ke Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa)

Upgrade ke versi Ubuntu terbaru adalah proses yang sangat mudah. Anda dapat upgrade dari baris perintah dengan perintah do-release-upgrade atau menggunakan update tool GUI.

Kami akan melakukan pembaruan dari baris perintah, yang seharusnya juga berfungsi untuk sistem Desktop dan Server.

do-release-upgrade adalah bagian dari paket “update-manager-core” yang diinstal secara default pada sebagian besar sistem Ubuntu. Jika karena alasan tertentu tidak diinstal pada sistem Anda, instal dengan:

sudo apt install update-manager-core

Mulai proses upgrade dengan memasukkan:

sudo do-release-upgrade -d

Perintah ini akan menonaktifkan semua repositori pihak ketiga dan mengubah apt list untuk menunjuk ke repositori focal. Anda akan diminta beberapa kali untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin melanjutkan upgrade. Ketika ditanya apakah Anda ingin agar layanan restart secara otomatis selama jenis peningkatan, ketik y untuk mengkonfirmasinya.

Selama proses upgrade, perintah akan menanyakan berbagai pertanyaan kepada Anda, seperti apakah Anda ingin menyimpan file konfigurasi yang ada atau menginstal versi pengelola paket. Jika Anda tidak membuat perubahan khusus pada file tersebut, ketikkan Y. Jika tidak, disarankan untuk tetap menggunakan konfigurasi saat ini. Baca pertanyaan dengan seksama sebelum membuat pilihan.

Proses upgrade yang berjalan di dalam sesi GNU screen dan akan secara otomatis re-attach jika koneksi tiba-tiba down.

Setelah paket baru diinstal, update tool akan menanyakan apakah Anda ingin menghapus perangkat lunak yang sudah usang. Jika Anda tidak yakin ketik d dan periksa daftar paket usang. Umumnya aman untuk mengetik y dan menghapus semua paket usang.

Ketika proses upgrade selesai, dan dengan asumsi semuanya berjalan dengan lancar, Anda akan diminta untuk reboot mesin Anda. Ketik y untuk melanjutkan:

System upgrade is complete.

Restart required

To finish the upgrade, a restart is required.
If you select 'y' the system will be restarted.

Continue [yN] y

Konfirmasikan Upgrade

Tunggu beberapa saat hingga sistem booting dan login ke sistem Anda. Jika Anda adalah pengguna desktop, Anda akan disambut dengan splash boot grafis baru dan layar login.

Anda juga dapat memeriksa versi Ubuntu dengan memasukkan perintah berikut:

lsb_release -a
No LSB modules are available.
Distributor ID:	Ubuntu
Description:	Ubuntu 20.04 LTS
Release:	20.04
Codename:	focal

Pada poin ini, proses upgrade ke Ubuntu 20.04 telah barhasil dan Nikmati instalasi Ubuntu 20.04 baru Anda.

Kesimpulan

Upgrade ke Ubuntu 20.04 LTS adalah tugas yang relatif mudah, Jika Anda menemukan kesalahan, kunjungi halaman release notes, yang mencakup masalah yang diketahui yang mungkin terjadi selama proses upgrade.

Jika Anda ingin proses update menjadi lebih cepat di kemudian hari, Anda dapat menambahkan repository lokal ke sistem Ubuntu 20.04 Anda. Silahkan kunjungi artikel kami di halaman Repository lokal Ubuntu 20.04.