Kernel Linux adalah komponen inti dari sistem operasi Linux. Kernel linux bertugas untuk mengelola sumber daya sistem dan menjadi jembatan antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer Anda.

Kernel Linux memiliki desain modular, yang artinya dapat Anda lepas – pasang sesuai kebutuhan. Modul kernel, atau sering disebut sebagai driver, adalah bagian dari kode yang memperluas fungsionalitas kernel. Modul dikompilasi sebagai modul yang dapat di load atau di unload ke dalam kernel. Modul dapat di load dan di unload di kernel yang sedang berjalan berdasarkan permintaan, tanpa perlu me-reboot sistem.

Umumnya, modul dimuat sesuai permintaan oleh udev (device manager). Namun, terkadang Anda mungkin perlu menyempurnakan cara memuat modul. Misalnya, Anda mungkin perlu memuat modul dengan parameter tambahan atau untuk mencegah pemuatan modul secara otomatis.

Anda dapat memuat modul secara manual ke dalam kernel menggunakan perintah modprobe, atau secara otomatis saat boot menggunakan file /etc/modules atau /etc/modules-load.d/*.conf.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan modprobeuntuk menambah dan menghapus modul dari kernel Linux. modprobe adalah bagian dari kmod, biner yang mengimplementasikan beberapa program yang digunakan untuk mengelola modul Kernel Linux.

Menambahkan Kernel Module

Kernel module disimpan di direktori /lib/modules/<versi_kernel> . Anda dapat menemukan versi kernel yang berjalan, gunakan perintah uname -r.

Hanya root atau user dengan hak istimewa sudo yang dapat mengelola modul Kernel.

Untuk memuat modul, aktifkan perintah modprobe diikuti dengan nama modul:

modprobe nama_module

Perintah modprobe akan memuat modul yang diberikan dan semua dependensi modul tambahan. Hanya satu modul yang dapat ditentukan pada baris perintah.

Gunakan perintah lsmod dan grep untuk mengonfirmasi bahwa modul telah dimuat:

lsmod | grep nama_module

Untuk memuat modul dengan parameter tambahan, gunakan sintaks parameter=value:

modprobe nama_module parameter=value

Perintah menerima beberapa pasangan parameter=value yang dipisahkan oleh spasi.

Umumnya, Anda perlu memuat modul selama boot sistem. Anda dapat melakukannya dengan menentukan modul dan parameternya dalam file di dalam direktori /etc/modules-load.d . File harus diakhiri dengan .conf dan dapat memiliki nama apa pun:

sudo nano /etc/modules-load.d/nama_module.conf
option module_name parametervalue

Setelan yang ditentukan dalam file ini dibaca oleh udev, yang memuat modul saat startup sistem menggunakan modprobe.

Cara Menghapus Kernel Module

Untuk menghapus modul, aktifkan perintah modprobe dengan opsi -r diikuti dengan nama modul:

modprobe -r module_name

modprobe juga akan menghapus dependensi modul yang tidak digunakan.

Saat dipanggil dengan opsi -r, perintah dapat menerima beberapa modul sebagai argumen:

modprobe -r nama_module1 nama_module2

Anda juga dapat menggunakan perintah rmmod untuk unload modul dari Kernel Linux.

Jika Anda ingin mencegah modul Kernel dimuat saat boot, buat file .conf dengan nama apa pun di dalam /etc/modprobe.d. Sintaksnya adalah:

sudo nano /etc/modprobe.d/blacklist.conf
blacklist nama_module1
blacklist nama_module2

Jika Anda ingin memasukkan modul tambahan ke daftar hitam, tentukan modul pada baris baru, atau buat file .conf baru.

Kesimpulan

Perintah modprobe memungkinkan Anda menambahkan dan menghapus modul kernel Linux. Penggunaan yang cukup mudah dan tidak perlu restart untuk me load module baru.