Kemungkinan besar, Anda telah mendengar nama CCleaner untuk sistem Windows yang sangat berguna ketika user perlu memantau proses atau sumber daya sistem.

Sebenarnya, aplikasi pengoptimal sistem cukup akrab di platform Windows atau sistem mobile termasuk Android atau iOS. Tetapi untuk sistem Linux, para user yang berpengalaman lebih suka menggunakan alat baris perintah untuk mengoptimalkan atau memantau sistem. Lalu bagaimana dengan pemula seperti saya yang ingin mengontrol atau memantau sistem menggunakan antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif?, Stacer memainkan peran penting yang hadir dengan sejumlah fitur untuk mengoptimalkan sistem Linux dengan lebih baik.

Stacer adalah salah satu alternatif CCleaner terbaik untuk sistem Linux. Stacer, Linux Task Manager, dikemas dengan keunggulan seperti proses sistem real time dan monitor sumber daya, kontrol perangkat lunak yang berjalan di start-up, kemampuan untuk menghapus cache sistem, kemampuan untuk uninstall perangkat lunak, dan kontrol untuk memulai atau menghentikan proses atau layanan apa pun.

Screenshot Stacer

Stacer adalah software free dan open source yang dibangun di atas framework Elektron. Perangkat lunak ini menawarkan pengalaman pengguna yang lancar dengan tampilan yang intuitif.

Fitur Stacer :

  • Bertindak sebagai panel kontrol untuk aplikasi startup
  • Membantu membersihkan atau menghapus cache atau file log sistem yang tidak perlu atau bahkan file sampah.
  • Anda sekarang dapat dengan mudah menghentikan atau memulai layanan atau proses sistem tertentu.
  • Membantu memilah proses sesuai penggunaan CPU, PID atau bahkan memori.
  • Menghapus instalasi atau menghapus aplikasi dari sistem jauh lebih mudah sekarang.
  • Memperlihatkan berbagai sumber daya sistem dari 60 detik terakhir RAM, CPU, Disk, Aktivitas jaringan, dan rata-rata beban CPU, dll.
  • Anda dapat mengaktifkan, menghapus, atau tidak mengaktifkan repositori paket untuk Linux.

Cara Menginstal Stacer di Linux

Sekarang, saya akan membahas cara menginstal Stacer di berbagai distribusi Linux termasuk Ubuntu Linux. Ada banyak cara untuk menginstal perangkat lunak ini dalam sistem Linux.

1. Paket Appimage dan .deb

Anda dapat menginstal Stacer menggunakan .Appimage (file yang tidak dapat diinstal yang dapat dijalankan) atau paket .deb. Unduh dari tautan di bawah ini.

https://github.com/oguzhaninan/Stacer/releases

cara install paket debian bisa Anda lihat di sini.

2. Menggunakan Stable PPA

Stacer menawarkan PPA untuk menginstal software ini di Ubuntu dan turunannya. Buka terminal dan jalankan perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:oguzhaninan/stacer
sudo apt-get update
sudo apt-get install stacer

Cara Uninstall / Menghapus Stacer

Jalankan perintah di bawah ini untuk menghapus Stacer dari sistem:

sudo apt remove --auto-remove stacer

dan kemudian hapus  PPA repository dari Software & Updates >> Other Software Tab.

Kesimpulan

Stacer mempermudah bagi pengguna awam untuk memantau dan menjaga sistem Linux agar tetap optimal.