Meng-update atau meng-upgrade Ubuntu dengan koneksi internet memang tugas yang sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetikkan sudo apt update di terminal. Jika Anda menggunakan antarmuka grafis (GUI), maka manajer pembaruan secara berkala akan muncul untuk memberi tahu Anda tentang pembaruan terbaru yang tersedia.

Namun, bagaimana jika berada dalam situasi di mana tidak memiliki akses internet di komputer Ubuntu Anda? Atau koneksi internet Anda tidak stabil / lambat? Bagaimana cara Anda memperbarui sistem operasi Ubuntu Anda?.

Untuk membantu Anda keluar dari situasi ini, Ubuntu memiliki tool hebat yang disebut “apt-offline” yang memungkinkan Anda memperbarui komputer yang menjalankan Ubuntu tanpa koneksi internet.

Install Tool apt-offline

Namun, ada satu hal yang sedikit rumit di sini. Anda perlu menginstal “apt-offline” pada komputer Ubuntu yang menjadi target, yang meskipun ukurannya kecil, tetap memerlukan koneksi internet. Anda dapat menginstalnya dengan cara berikut:

sudo apt-get install apt-offline

Cara menggunakan apt-offline untuk memperbarui Ubuntu secara offline:

Seluruh prosedur dapat dibagi menjadi 3 langkah:

  1. Membuat file “apt signature”:

File “tanda tangan apt” ini berisi informasi tentang paket-paket yang telah diunduh dan diinstal, sehingga akan membantu dalam menentukan paket mana yang perlu diunduh di komputer lain (misalnya, komputer sumber). Gunakan perintah-perintah berikut di terminal:

sudo apt-offline set ~/update.sig

Ini akan menghasilkan file update.sig di direktori home. Anda bebas mengganti jalur jika Anda mau. Sekarang, salin file .sig ini ke sebuah drive USB yang dapat terhubung ke komputer yang memiliki akses internet.

  1. Mengunduh paket-paket yang diperlukan:

Setelah Anda memiliki file .sig di drive USB, sambungkan drive tersebut ke komputer yang terhubung ke internet dan menjalankan Ubuntu, lalu gunakan perintah berikut di terminal:

apt-offline get -d /lokasi/file/apt.sig

Setelah Anda mengunduhnya, salin file-file yang diunduh ke dalam USB.

  1. Menginstal paket-paket yang telah diunduh:

Sekarang, ketika Anda memiliki paket-paket yang diunduh, Anda dapat menginstalnya di komputer Ubuntu target Anda dengan menggunakan perintah berikut:

sudo apt-offline install /lokasi/file/hasilunduhan

Kesimpulan

Voila! Nikmati pembaruan terbaru. Tool apt-offline ini berfungsi dengan semua rilis utama Ubuntu seperti Ubuntu 12.04, 11.10, 11.04, dan 10.10, dan sebagainya.