Postman adalah lingkungan pengembangan API lengkap yang membantu Anda mengelola API di setiap tahap pengembangan mulai dari merancang dan menguji, hingga menerbitkan dokumentasi dan pemantauan API. Postman dimulai sebagai ekstensi browser Chrome dan dengan cepat menjadi salah satu tools API yang paling banyak digunakan oleh pengembang di seluruh dunia.

Postman tersedia sebagai aplikasi asli (dibangun pakai Electron) untuk semua sistem operasi utama termasuk macOS, Linux, dan Windows. Meskipun dimungkinkan untuk menginstal dan menggunakan Postman sebagai aplikasi Chrome, dukungan untuk aplikasi Chrome, Postman sedang ditinggalkan.

Tutorial ini menjelaskan cara menginstal Postman di Ubuntu 18.04. Instruksi yang sama berlaku untuk Ubuntu 16.04 dan distribusi berbasis Ubuntu, termasuk Linux Mint, Kubuntu, dan Lubuntu.

Persiapan

Sebelum melanjutkan dengan tutorial ini, pastikan Anda masuk sebagai pengguna dengan hak istimewa sudo.

Install Postman

Cara termudah adalah menginstal Postman di Ubuntu 18.04 adalah dengan menggunakan snappy packaging system

Buka terminal Anda dengan menekan Ctrl+Alt+T dan instal paket snap Postman, dengan mengetik:

sudo snap install postman

Pengunduhan mungkin memakan waktu lama tergantung pada kecepatan koneksi Anda. Setelah diinstal, output berikut akan ditampilkan:

postman 6.7.1 from 'postman-inc' installed

Anda dapat menginstal Postman menggunakan Ubuntu Software Center. Cukup cari Postman dan klik instal:

Menjalankan Postman

Sekarang Postman diinstal pada sistem Ubuntu, Anda dapat memulainya dengan mengklik ikon Postman (Activities -> Postman):

ubuntu postman start

Saat Anda memulai Postman untuk pertama kalinya, sebuah jendela seperti berikut ini akan muncul meminta Anda untuk masuk atau membuat akun baru:

ubuntu postman login

Jika membuat akun, Anda akan dapat mengatur pekerjaan Anda di Workspaces, membuat backups, dan menyinkronkan data Anda di beberapa perangkat. Jika tidak ingin masuk atau daftar, cukup klik “Skip signing in and take me straight to the app“.

Untuk mengilustrasikan cara kerja Postman, kami akan mengirim permintaan Get sederhana ke API REST yang di-host dan menerima respons JSON yang berisi daftar pengguna.

Pada “Untitled Request tab” masukkan https://reqres.in/api/users, biarkan jenis permintaan sebagai GET dan klik tombol SEND. Jika berhasil, respons akan mengembalikan objek JSON yang berisi array pengguna.

ubuntu postman contoh penggunaan

Pusat Pembelajaran Postman harus menjadi titik awal yang baik untuk mempelajari cara membuat workspaces Postman, koleksi, environments dan banyak lagi.

Kesimpulan

Anda telah berhasil menginstal Postman di mesin Ubuntu 18.04. Anda sekarang dapat menjelajahi tool API baru dan mulai mengerjakan proyek Anda.