Linux adalah sistem multi-user, yang berarti lebih dari satu orang dapat berinteraksi dengan sistem yang sama secara bersamaan. Sebagai administrator sistem, Anda memiliki tanggung jawab untuk mengelola pengguna dan grup sistem seperti membuat user baru dan menempatkan mereka ke grup yang berbeda.

Kadang Anda juga perlu menghapus akun suatu pengguna, mungkin karena pengguna tersebut adalah seorang karyawan yang telah pindah dari organisasi Anda, atau pengguna yang dibuat untuk layanan tertentu yang tidak lagi berjalan pada sistem.

Di Linux, Anda dapat menghapus akun pengguna dan semua file terkait menggunakan perintah userdel. userdel adalah utilitas tingkat rendah, pengguna Debian dan Ubuntu lebih cenderung menggunakan utilitas deluser yang ramah pengguna.

Diharapkan Anda membuka konsol terminal distribusi Linux untuk mengikuti panduan di halaman ini agar Anda lebih memahami cara kerja perintah userdel di Linux terminal.

Kami juga sarankan Anda untuk menguji setiap tutorial atau panduan apapun yang ada di Internet di virtual machine (vmware atau virtualbox) sebelum menerapkan ke server produksi, agar tidak mengacaukan sistem yang aktif berjalan ketika ada kesalahan.

Anda bisa melihat cara installasi VMware di Ubuntu dan CentOS, dan VirtualBox di UbuntuFedora, dan CentOS

Tutorial ini menjelaskan perintah userdel dan opsinya.

Sintaks perintah userdel

Sintaks untuk perintah userdel adalah sebagai berikut:

userdel [OPTIONS] USERNAME

Untuk menghapus pengguna menggunakan perintah userdel, Anda harus masuk sebagai root atau pengguna dengan akses sudo.

Cara Menghapus Pengguna di Linux

Untuk menghapus akun pengguna bernama widarto menggunakan perintah userdel Anda akan menjalankan:

userdel widarto

Ketika perintah userdel dipanggil, dia akan membaca konten file /etc/login.defs. Properti yang ditentukan dalam file ini menimpa perilaku default dari perintah userdel.

Jika USERGROUPS_ENAB disetel yes di dalam file ini, userdel akan menghapus grup dengan nama yang sama seperti nama pengguna, hanya jika tidak ada pengguna lain yang menjadi anggota grup ini.

Perintah userdel juga akan menghapus entri pengguna dari file /etc/passwd dan /etc/shadow,.

Di sebagian besar distro Linux, ketika menghapus akun pengguna menggunakan perintah userdel, direktori home user dan mail spool tidak akan dihapus.

Gunakan opsi -r (--remove) untuk memaksa userdel untuk menghapus direktori home pengguna dan mail spool:

userdel -r widarto

Perintah di atas tidak akan menghapus file pengguna yang terletak di file system lain. Anda harus mencari dan menghapus file secara manual. Untuk menghapus file secara manual dari baris perintah, gunakan perintah rm.

Hapus Pengguna yang Masih logged in.

Jika pengguna yang ingin Anda hapus masih logged in, atau jika ada proses yang sedang berjalan milik pengguna ini, perintah userdel tidak akan menghapus pengguna yang sedang logged in tersebut.

Dalam situasi semacam ini, disarankan untuk memaksa keluar pengguna dan membunuh semua proses yang dijalankan pengguna tersebut dengan perintah killall:

sudo killall -u username

Pilihan lain adalah menggunakan flag -f (--force) yang akan menghapus akun pengguna secara paksa, bahkan jika pengguna masih logged in atau jika ada proses yang sedang berjalan milik pengguna ini.

userdel -f username

Situasi ini sangat berguna ketika ada penyusup (hacker) dalam sistem.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Anda belajar cara menambahkan menghapus akun pengguna di Linux menggunakan perintah userdel. Sintaks yang sama berlaku untuk distribusi Linux apa pun, termasuk Ubuntu, CentOS, RHEL, Debian, Fedora, dan Arch Linux.