Dalam tutorial ini, kita akan mengulas perintah watch di baris perintah Linux dan Unix-like. Perintah Watch digunakan untuk menjalankan perintah arbitrer apa pun secara berkala dan menampilkan output dari perintah di jendela terminal.

Perintah watch berguna ketika Anda harus menjalankan perintah berulang kali dan melihat output perintah berubah seiring waktu. Misalnya, Anda dapat menggunakan perintah watch untuk memantau uptime sistem, koneksi masuk, penggunaan disk atau penggunaan CPU.

Utilitas watch adalah bagian dari paket procps (atau procps-ng) yang sudah diinstal sebelumnya di hampir semua distribusi Linux.

Cara Menggunakan Perintah Watch

Sintaks untuk perintah watch adalah sebagai berikut:

watch [OPTIONS] PERINTAH

Untuk mengilustrasikan cara kerja perintah watch, mari kita jalankan perintah date:

watch date

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, perintah watch untuk sementara waktu akan menghapus semua konten terminal, dan mulai menjalankan perintah date secara berkala. Ketika digunakan tanpa opsi, perintah watch akan menjalankan perintah yang ditentukan setiap dua detik.

Di sisi kiri atas header layar, Anda dapat melihat interval update watch dan perintah yang dijalankan (Every 2.0s: date). Sedangkan di sisi kiri atas, perintah watch menunjukkan waktu dan tanggal saat ini. Jika Anda ingin mematikan header gunakan opsi -t (--no-title).

Output dari perintah yang ditentukan ditampilkan di layar dan diperbarui secara teratur setiap dua detik.

Untuk keluar dari perintah watch, cukup tekan kombinasi tombol Ctrl + C. Anda juga dapat mengatur watch untuk keluar, ketika output dari perintah berubah dengan menggunakan opsi -g (--chgexit).

Di bagian berikut, kami akan membahas opsi perintah watch yang paling umum digunakan.

Cara Mengubah Interval Waktu

Bagaimana jika interval pembaruan default dua detik tidak cocok untuk kebutuhan Anda?

Opsi -n (--interval) diikuti oleh jumlah detik yang diinginkan untuk memungkinkan Anda mengubah interval waktu antara update:

watch -n INTERVAL_DALAM_DETIK PERINTAH

Misalnya, untuk memantau penggunaan disk space dengan perintah df dan refresh layar setiap lima detik, Anda dapat menjalankan perintah berikut :

watch -n 5 df -h

perintah watch interval 5 detik

Sorot Perbedaan Antar Pembaruan

Opsi -d (--difference), akan menyebabkan perintah watch menyoroti perubahan berturut-turut.

watch -d PERINTAH

Katakanlah Anda ingin memonitor uptime sistem dengan menjalankan perintah uptime, dan untuk menyoroti perubahan. Anda dapat menggunakan Perintah berikut :

watch -d uptime

perintah watch uptime
Jika Anda ingin sorotan perubahan menjadi sticky, berikan =cumulative ke opsi -d. Ini berarti bahwa semua nilai yang pernah berubah akan tetap disorot.

watch -d=cumulative PERINTAH

Perintah dengan Pipes

Jika Anda ingin menjalankan perintah yang berisi Pipe (|), Anda harus menyertakan perintah dalam tanda kutip tunggal atau ganda. Jika Anda tidak menggunakan tanda kutip, watch akan menjalankan hanya perintah pertama dan kemudian mengirimkan hasilnya ke perintah berikutnya di dalam simbol pipe (|).

watch 'PERINTAH_1 | PERINTAH_2'

Sebagai contoh, perintah berikut akan memantau jumlah koneksi aktif pada port 80 menggunakan kombinasi netstat dan utilitas grep :

watch "netstat -anp | grep -c ':80\b.*LISTEN'"

Kesimpulan

Sekarang Anda sudha memiliki gambaran dan pemahaman yang baik tentang bagaimana menggunakan perintah watch di Linux. Anda selalu dapat melihat semua opsi perintah watch yang tersedia dengan mengetik perintah berikut di terminal Anda.

man watch