Komponen inti dari setiap sistem operasi Linux adalah kernel Linux. Kernel ini mengelola sumber daya sistem, dan bertindak sebagai jembatan antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Kernel Linux memiliki desain modular, yang artinya dapat Anda lepas – pasang sesuai kebutuhan. Modul kernel, atau sering disebut sebagai driver, adalah bagian dari kode yang memperluas fungsionalitas kernel. Modul dikompilasi sebagai modul yang dapat di load atau di unload ke dalam kernel. Modul dapat di load dan di unload di kernel yang sedang berjalan berdasarkan permintaan, tanpa perlu me-reboot sistem.

Dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang cara menggunakan perintah rmmod untuk menghapus modul dari Kernel Linux.

perintah rmmod 

Sintaks umum untuk perintah rmmod (remove module) adalah sebagai berikut:

rmmod [OPTIONS] MODULE_NAME...

Pada sistem Linux modern, rmmod adalah bagian dari kmod, binary yang mengimplementasikan beberapa program yang digunakan untuk mengelola modul kernel Linux.

Hanya user dengan hak istimewa administratif yang dapat menghapus modul.

Anda dapat mencetak daftar semua modul yang dimuat di sistem Anda dengan perintah lsmod. Modul Kernel disimpan di direktori /lib/modules/<versi_kernel>

Menghapus modul dengan perintah rmmod cukup sederhana; cukup gunakan perintah rmmod dan diikuti dengan nama modul:

rmmod nama_module

Perintah akan mencetak pesan hanya ketika terjadi error. Misalnya, jika modul lain menggunakan modul atau bergantung pada modul tersebut, perintah akan mencetak sesuatu seperti ini:

rmmod: ERROR: Module module_name is in use by: module_name_2

Untuk menampilkan informasi tentang apa yang dilakukan perintah, gunakan opsi -v (--verbose)

Jika Anda ingin menghapus modul yang sedang digunakan atau memang tidak dirancang untuk dihapus, jalankan perintah dengan opsi -f . Menggunakan opsi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan sistem crash.

rmmod juga menerima beberapa modul sebagai argumen:

rmmod module_name1 module_name2

Mencegah Kernel Module Loading saat Booting

Jika Anda ingin mencegah modul Kernel dimuat saat boot, buat file .conf dengan nama apa pun di dalam /etc/modprobe.d. Sintaksnya adalah:

sudo nano /etc/modprobe.d/blacklist.conf
blacklist nama_module1
blacklist nama_module2

Jika Anda ingin memasukkan modul tambahan ke daftar hitam, tentukan modul pada baris baru, atau buat file .conf baru.

Kesimpulan

Perintah rmmoddigunakan untuk menghapus modul kernel Linux. Umumnya, sebagian besar pengguna Linux menggunakan modprobe -r command alih-alih rmmod.